Selasa 17 Oct 2023 07:13 WIB

Alasan Nabi Muhammad Perintahkan ke Syam dan Palestina Jelang Kiamat 

Palestina dan Syam jadi tempat perlindungan orang beriman.

Rep: Umar Mukhtar, Fuji Eka Permana/ Red: Erdy Nasrul
Warga membela Palestina.
Foto:

Hadits yang diriwayatkan dari Abdullah bin Umar RA

ستَخرُجُ نارٌ من حَضرموتَ أو من نحوِ بحرِ حضرموتَ قبلَ يومِ القيامةِ تَحشُرُ النَّاسَ قالوا : يا رسولَ اللَّهِ ، فما تأمُرُنا ؟ فقالَ : عليكُم بالشَّامِ

"Api akan muncul dari Hadramaut atau dari arah laut Hadramaut sebelum hari kiamat mengumpulkan manusia." Lalu para sahabat bertanya, "Wahai Rasulullah, apa yang engkau perintahkan kepada kami?" Lalu Nabi SAW menjawab, "Kalian harus pergi ke Syam." (HR. Tirmidzi) 

Kondisi menjelang kiamat nanti sungguh mengerikan. Akan ada tanda api yang menyembur dari bumi kawasan Hadhramaut sekitar Yaman. Ini merupakan kawasan yang kini menjadi tempat Nabi Hud dan banyak orang shaleh dari dzuriyat Rasulullah dan auliya Allah lainnya dikebumikan.

Syam dan daerah sekitar Masjid Al Aqsa (Palestina) memiliki keistimewaan yang besar. Sampai-sampai Nabi Muhammad SAW dalam banyak haditsnya menasihati kita untuk pergi ke sana pada saat terjadi kekacauan, sebagaimana hadits tersebut.

Hadits tersebut juga memberitahukan bahwa sebelum hari kiamat, api akan muncul dari Hadramaut yang merupakan nama daerah di Yaman. Peristiwa ini kelak akan mengumpulkan manusia dan menggiring mereka pergi ke suatu tempat.

Saat itulah sahabat bertanya tentang apa yang harus dilakukan oleh umat Muslim. Nabi SAW mengatakan bahwa umat Muslim hendaknya pergi ke Syam. Sebab di Syam itulah, api atau perselisihan yang terjadi lebih ringan. Hadits ini sekaligus menunjukkan betapa agungnya negeri Syam. Juga menjadi tanda, bahwa kekacauan sebelum hari kiamat akan sangat bergolak.

Lantas wilayah Syam mencakup apa saja? Lihat halaman berikut >>>

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement