Selasa 17 Oct 2023 07:13 WIB

Alasan Nabi Muhammad Perintahkan ke Syam dan Palestina Jelang Kiamat 

Palestina dan Syam jadi tempat perlindungan orang beriman.

Rep: Umar Mukhtar, Fuji Eka Permana/ Red: Erdy Nasrul
Warga membela Palestina.
Foto:

Penjelasan oleh Jasser Al 'Anani dalam bukunya, 'Fath Sholahuddin Al Ayyubi Li Bayt Al Maqdis bayna Al Siyasah wa Al Harb' dan Abdul Salam Al Jubori dalam 'Al Musyayidat Al Waqfiyyah wa Al Khoiriyyah', bisa menjadi rujukan.

Keduanya menyampaikan negara-negara Syam itu terbentang di sepanjang pantai timur Laut Mediterania, dan berada di tengah-tengah tiga benua yaitu Asia, Afrika, dan Eropa. Perbatasannya diperjelas pada zaman kuno, karena berbatasan dengan Laut Mediterania di barat, serta Mesir dan Lembah Sinai di selatan.

Adapun di sebelah timur berbatasan dengan gurun pasir yang terbentang dari Aila sampai ke sungai Efrat, dan dari sana sampai ke perbatasan Rum, karena Rum terletak di utara Syam. Berdasarkan hal ini, Syam mencakup wilayah Lebanon, Suriah, Palestina, dan Yordania. Wilayah-wilayah ini memiliki letak geografis yang strategis, yang berperan besar dalam ketidakstabilan kawasan.

 

Syam termasuk dalam zona beriklim sedang dalam hal derajat garis lintang. Di samping itu, Syam berkontribusi terhadap kemakmuran perekonomian karena keterhubungannya dengan jalur transportasi dengan berbagai negara tetangga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement