Sabtu 14 Oct 2023 03:21 WIB

Tiba-Tiba Dengar Suara Setan? Baca Ini

Ada tuntunan Nabi Muhammad untuk melindungi diri dari gangguan setan.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Sejumlah umat muslim berdoa usai melaksanakan Shalat Idul Adha di kawasan Jatinegara, Jakarta, Kamis (29/6/2023). Penyelenggaraan Shalat Idul Adha di dekat Gereja Koinonia yang berada di persimpangan Jalan Jatinegara Barat dan Jalan Matraman Raya tersebut ramai diikuti oleh warga sekitar. Sebelumnya, Pemerintah melalui Kementerian Agama menetapkan Hari Raya Idul Adha jatuh pada Kamis 29 Juni 2023.
Foto:

"Lalu orang yang menemaniku itu memeriksa kebun. Ternyata ia tidak melihat sesuatu pun. Kemudian aku menceritakan hal tersebut kepada ayahku," kata Suhail dalam riwayatnya.

Ayah Suhail pun berkata, "Jika aku tahu bahwa kamu akan menjumpai hal seperti itu, tentu aku tidak akan mengirimmu. Tetapi bila kamu mendengar suara (yang memanggilmu), maka serukanlah adzan sholat, karena sesungguhnya aku pernah mendengar Abu Hurairah RA menceritakan suatu hadits dari Rasulullah SAW bahwa sesungguhnya setan itu lari jika diserukan adzan sholat." (HR. Muslim)

Allah SWT berfirman:

وَإِمَّا يَنْزَغَنَّكَ مِنَ الشَّيْطَانِ نَزْغٌ فَاسْتَعِذْ بِاللَّهِ ۖ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

"Dan jika setan mengganggumu dengan suatu gangguan, maka mohonlah perlindungan kepada Allah. Sesungguhnya Dialah yang Mahamendengar lagi Mahamengetahui." (QS. Fushilat: 36)

Allah SWT berfirman, "Dan apabila engkau (Muhammad) membaca Alquran, Kami adakan suatu dinding yang tidak terlihat antara engkau dan orang-orang yang tidak beriman kepada kehidupan akhirat." (QS Al Isra ayat 45)

 

Imam Nawawi mengingatkan, seseorang hendaknya juga membaca Alquran agar dijauhkan dari godaan setan, tetapi sebelum memulai membaca Alquran, dianjurkan untuk mengucapkan ta'awwudz terlebih dulu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement