Kamis 05 Oct 2023 19:58 WIB

Alquran Berbicara Kelebihan Manusia Dibandingkan Makhluk Lainnya, Ini 4 Poinnya

Manusia juga mempunyai tiga tugas utama di muka bumi

Rep: Andrian Saputra / Red: Nashih Nashrullah
Umat Muslim berdoa saat peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW di Srinagar, Kashmir, India, (29/9/2023. Ribuan jamaah berkumpul untuk memanjatkan doa khusus pada peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.
Foto: EPA-EFE/FAROOQ KHAN
Umat Muslim berdoa saat peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW di Srinagar, Kashmir, India, (29/9/2023. Ribuan jamaah berkumpul untuk memanjatkan doa khusus pada peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Manusia paling dimuliakan Allah Ta'ala dibandingkan dengan makhluk lainnya baik itu dari golongan malaikat, jin, hewan, dan tumbuh-tumbuhan. Apa saja keutamaan manusia?

Alquran menyebutkan sejumlah keutamaan dan perbedaan manusia dibandingkan dengan makhluk Allah SWT yang lain, yaitu sebagai berikut: 

Baca Juga

1. Manusia diberi Allah SWT berbagai macam kelebihan yang tak dimiliki makhluk lainnya. 

وَلَقَدْ كَرَّمْنَا بَنِي آدَمَ وَحَمَلْنَاهُمْ فِي الْبَرِّ وَالْبَحْرِ وَرَزَقْنَاهُمْ مِنَ الطَّيِّبَاتِ وَفَضَّلْنَاهُمْ عَلَىٰ كَثِيرٍ مِمَّنْ خَلَقْنَا تَفْضِيلًا 

 

Artinya: “Dan sesungguhnya telah Kami muliakan anak-anak Adam, Kami angkut mereka di daratan dan di lautan, Kami beri mereka rezeki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan makhluk yang telah Kami ciptakan.”” (QS Al Isra ayat 70). 

2. Sebab manusia diciptakan Allah ta'ala dengan bentuk yang sebaik-baiknya. Manusia diberikan panca indera dan hati nurani, sehingga dengan itu semua menjadi modal bagi manusia untuk menemukan kebenaran.  

وَاللَّهُ أَخْرَجَكُمْ مِنْ بُطُونِ أُمَّهَاتِكُمْ لَا تَعْلَمُونَ شَيْئًا وَجَعَلَ لَكُمُ السَّمْعَ وَالْأَبْصَارَ وَالْأَفْئِدَةَ ۙ لَعَلَّكُمكُمْ تَشْكُرُونَ 

Artinya: “Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatupun, dan Dia memberi kamu pendengaran, penglihatan dan hati, agar kamu bersyukur.” (QS An Nahl ayat 78).  

Baca juga: Golongan Ini Justru akan Dilawan Alquran di Hari Kiamat Meski di Dunia Rajin Membacanya

3. Lebih dari itu, manusia pun diberikan kepercayaan oleh Allah SWT sebagai Khalifah di muka bumi.  

وَإِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلَائِكَةِ إِنِّي جَاعِلٌ فِي الْأَرْضِ خَلِيفَةً ۖ قَالُوا أَتَجْعَلُ فِيهَا مَنْ يُفْسِدُ فِيهَا وَيَسْفِكُ الدِّمَاءَ وَنَحْنُ نُسَبِّحُ بِحَمْدِكَ وَنُقَدِّسُ لَكَ ۖ قَالَ إِنِّي أَعْلَمُ مَا لَا تَعْلَمُونَ 

Artinya: “Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi". Mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.”  (QS Al- Baqarah ayat 30). 

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement