Selasa 03 Oct 2023 07:16 WIB

10 Amalan Ini Bisa Mengangkat Derajat Orang yang Melakukannya

Allah dan malaikat-Nya bershalawat pada orang yang menyambung shaf sholat.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Ani Nursalikah
10 Amalan Ini Bisa Mengangkat Derajat Orang yang Melakukannya
Foto: Republika/Prayogi
10 Amalan Ini Bisa Mengangkat Derajat Orang yang Melakukannya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Terdapat sejumlah amalan yang dapat dilakukan muslim sehingga membuat dirinya diangkat derajatnya oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala. Melalui pesan Telegram, Ustadz Najmi Umar Bakkar mengungkapkan 10 amalan sebagai pengangkat derajat, sebagai berikut.

Amalan Pengangkat Derajat

1. Istighfar Anak untuk Orang Tua

Baca Juga

"Sesungguhnya Allah Azza wa Jalla itu akan meninggikan derajat pada seorang hamba yang Shalih di surga, kemudian hamba tersebut pun bertanya: "Ya Rabb, bagaimanakah semua ini (bisa menjadi) milikku?" Allah berfirman menjawabnya: "Karena istighfar anakmu untukmu" (HR. Ahmad dan Ibnu Majah)

2. Dengan Menyempurnakan Wudhu

 

3. Sholat Berjamaah di Masjid

4. Menunggu Sholat Setelah Sholat

"Maukah Aku tunjukkan kepada kalian tentang sesuatu (amal-amal) yang dengannya Allah akan menghapuskan dosa-dosa dan mengangkat derajat-derajat ?" Lalu para sahabat pun menjawab: "Tentu mau, ya Rasulullah". Lantas beliau ﷺ bersabda:

"Menyempurnakan wudhu dalam keadaan yang tidak disukai, memperbanyak langkah menuju masjid, dan juga menunggu sholat (yang berikutnya) setelah selesai sholat..." (HR. Muslim no.251, haditsnya dari Abu Hurairah)

"Barangsiapa yang bersuci di Rumahnya, kemudian dia berjalan menuju salah satu dari rumah Allah (yaitu masjid) untuk menunaikan Kewajiban yang telah Allah wajibkan, maka salah satu langkah kakinya akan menghapuskan dosa dan Langkah kaki lainnya akan meninggikan derajatnya (HR. Muslim no. 666, hadits dari Abu Hurairah)

5. Bersikap Tawadhu' karena Allah

"Dan tidaklah seseorang memiliki sifat tawadhu’ karena Allah, melainkan Allah akan mengangkat derajatnya" (HR. Muslim no. 2588, hadits Abu Hurairah)

Selanjutnya...

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement