Selasa 03 Oct 2023 07:16 WIB

10 Amalan Ini Bisa Mengangkat Derajat Orang yang Melakukannya

Allah dan malaikat-Nya bershalawat pada orang yang menyambung shaf sholat.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Ani Nursalikah
10 Amalan Ini Bisa Mengangkat Derajat Orang yang Melakukannya
Foto:

6. Membaca dan Menghafal Alquran

Dikatakan kepada penghafal Alquran: "Bacalah dan naiklah, serta bacalah dengan tartil sebagaimana engkau membacanya dahulu dengan tartil di dunia. Sesungguhnya tempatmu (di surga) terletak pada akhir ayat yang engkau baca (HR. Abu Dawud 1464, at-Tirmidzi 2914 & Ibnu Hibban no. 766, hadits dari 'Abdullah bin 'Amr)

7. Menyambung Shaf Saat Sholat

"Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat kepada orang yang menyambung shaf dan barangsiapa mengisi celah yang kosong, niscaya Allah akan mengangkat derajat orang itu karenanya" (HR. Ibnu Majah, hadits dari Aisyah, lihat Shahiihut Targhiib wat Tarhiib no. 501)

8. Bersabar Menghadapi Cobaan

"Sesungguhnya seorang hamba apabila dia telah ditetapkan oleh Allah Ta'ala suatu kedudukan baginya, lantas dia pun tidak dapat mencapainya dengan amal dari perbuatannya, maka Allah pun akan memberikannya ujian pada tubuh, harta atau anaknya, lantas dia dapat bersabar atas ujian tersebut, hingga Allah Ta'ala menyampaikannya kepada Kedudukan yang ditetapkan untuknya dari Allah" (HR. Ahmad, Abu Dawud, Ath-Thabrani, serta Abu Ya'la, Shahiihut Targhiib no. 3409)

9. Cara Menuntut Ilmu

"Allah mengangkat derajat orang-orang yang beriman di antaramu, dan orang-orang yang telah diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan" (QS. Al-Mujadilah ayat 11)

10. Berdzikir kepada Allah

"Maukah Aku beritahukan kepada kalian suatu amalan yang paling baik, amalan yang paling suci pada apa yang kalian miliki, paling tinggi derajatnya, lebih baik bagi kalian daripada menginfakkan emas dan perak, lebih baik bagi kamu sekalian daripada kalian itu berhadap-hadapan dengan musuh, kalian memukul lehernya dan mereka pun memukul leher kalian!?" Lantas para sahabat menjawab : "Tentu kami mau, ya Rasulullah". Maka Nabi ﷺ bersabda: "Dzikrullah" (berdzikir kepada Allah)

(HR. Ahmad V/195, at-Tirmidzi no. 3377, al-Hakim 1/496 dan al-Muwaththa I/211, hadits dari Abu Hurairah)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement