Selasa 26 Sep 2023 13:16 WIB

Berapa Jumlah Sendi Tubuh Manusia? Jawaban Rinci Ada di Hadits Ini

Sudah sepatutnya seorang Muslim bersyukur dan memuji Allah SWT.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Umat muslim menunaikan Shalat Idul Fitri 1444H  di Masjid Raya Sheikh Zayed, Surakarta, Jawa Tengah, Sabtu (22/4/2023). Pada tahun ini umat Muslim merayakan Idul Fitri 1444H pada hari  yang berbeda, yakni Jumat (21/4/2023) dan Sabtu (22/4/2023). Shalat Idul Fitri di Masjid Raya Sheikh Zayed merupakan yang pertama usai peresmian pada April silam.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Umat muslim menunaikan Shalat Idul Fitri 1444H di Masjid Raya Sheikh Zayed, Surakarta, Jawa Tengah, Sabtu (22/4/2023). Pada tahun ini umat Muslim merayakan Idul Fitri 1444H pada hari yang berbeda, yakni Jumat (21/4/2023) dan Sabtu (22/4/2023). Shalat Idul Fitri di Masjid Raya Sheikh Zayed merupakan yang pertama usai peresmian pada April silam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nabi Muhammad SAW pernah menjelaskan susunan bagian tubuh manusia. Dalam sabda beliau SAW, diketahui pula berapa jumlah persendian yang ada pada setiap tubuh manusia.

Dalam hadits yang diriwayatkan dari Aisyah RA, Nabi Muhammad SAW bersabda:

Baca Juga

-  إنَّه خُلِقَ كُلُّ إنْسانٍ مِن بَنِي آدَمَ علَى سِتِّينَ وثَلاثِ مِائَةِ مَفْصِلٍ، فمَن كَبَّرَ اللَّهَ، وحَمِدَ اللَّهَ، وهَلَّلَ اللَّهَ، وسَبَّحَ اللَّهَ، واسْتَغْفَرَ اللَّهَ، وعَزَلَ حَجَرًا عن طَرِيقِ النَّاسِ، أوْ شَوْكَةً، أوْ عَظْمًا عن طَرِيقِ النَّاسِ، وأَمَرَ بِمَعروفٍ، أوْ نَهَى عن مُنْكَرٍ، عَدَدَ تِلكَ السِّتِّينَ والثَّلاثِ مِائَةِ السُّلامَى -فإنَّه يَمْشِي يَومَئذٍ وقدْ زَحْزَحَ نَفْسَهُ عَنِ النَّارِ.

"Sungguh setiap manusia dari kaum Adam itu diciptakan dengan 360 sendi. Siapa yang bertakbir mengagungkan Allah, bertahmid memuji Allah, bertasbih menyucikan Allah, dan beristighfar memohon ampunan kepada Allah, menyingkirkan batu dari jalanan, duri atau tulang dari jalan, menyerukan kebaikan, dan mencegah kemungkaran, maka itu sebanding dengan jumlah 360 persendian. Dan sungguh dia berjalan di muka bumi dengan menjauhkan dirinya dari adzab api neraka." (HR. Muslim)

 

Syarah hadits tersebut ialah Allah SWT menciptakan manusia dengan sebaik-baiknya dan menuntun para hamba-Nya serta memberi mereka nikmat yang tiada banding. Segala pemberian nikmat dari Allah SWT itu memerlukan rasa syukur dan ucapan kalimat terpuji kepada-Nya. Bagaimana caranya?

Melalui hadits tersebut, Nabi Muhammad SAW menjelaskan apa saja cara bersyukur yang diridhai Allah SWT, yang perlu dilakukan oleh seorang Muslim untuk mensyukuri segala nikmat yang telah Allah berikan.

Dalam hadits itu, Nabi Muhammad SAW memberitahukan bahwa Allah SWT menciptakan seluruh umat manusia dalam satu wujud atau bentuk. Tubuh manusia diciptakan dengan 360 persendian. Sendi merupakan pertemuan setiap dua tulang pada tubuh.

Rasulullah SAW telah memberikan tuntunan tentang ibadah yang dapat menyelamatkan seorang Muslim dari api neraka. Ibadah-ibadah yang dimaksud ialah berdzkir dengan mengucapkan kalimat takbir, tahmid, tahlil, tasbih dan istighfar. Siapa yang melakukannya maka dihilangkan dari sifat-sifat buruk.

Hikmah hadits di atas...

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023. Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo, dan Surabaya
di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement