Kamis 28 Sep 2023 07:53 WIB

12 Argumentasi Adanya Kehidupan di Luar Planet Bumi dari Alquran dan Ilmu Modern

Alquran mengisyaratkan adanya kehidupan di luar planet bumi

Rep: Umar Mukhtar / Red: Nashih Nashrullah
Foto planet Mars yang diambil rover China Zhurong. Alquran mengisyaratkan adanya kehidupan di luar planet bumi
Foto:

6. Bahwa di tahun yang sama, dipastikan bahwa ada salah satu bulan yang di dalamnya terdapat kehidupan yakni bakteri dan parasit, di samping banyaknya air beku di permukaannya. Allah SWT berfirman: وَجَعَلْنَا مِنَ الْمَاءِ كُلَّ شَيْءٍ حَيٍّ ۖ أَفَلَا يُؤْمِنُونَ "...dan Kami jadikan segala sesuatu yang hidup berasal dari air; maka mengapa mereka tidak beriman?" (QS Al Anbiya ayat 30)

7. Pada 2002, Masyarakat Astronomi Rusia menyatakan keyakinannya akan keberadaan mikroba hidup di permukaan Mars, berdasarkan sampel dan gambar radiologi yang dimilikinya.

8. Pada tahun yang sama, yakni 2002, NASA mengungkapkan data radiologi yang menunjukkan adanya kuman dan spora yang beterbangan di awan yang mengelilingi planet Venus.

9. Pada 2003, ada jejak belerang yang ditemukan di permukaan bulannya Jupiter yang disebabkan oleh koloni bakteri besar yang hidup di bawah permukaan planet tersebut. 

Baca juga: 8 Fakta tentang Istana Supermegah Firaun yang Diabadikan Alquran

Saat itu ilmuwan Italia berhipotesis bahwa jejak belerang di Europa mungkin merupakan tanda kehidupan alien. Senyawa tersebut pertama kali terdeteksi oleh wahana antariksa Galileo, bersama dengan bukti adanya lautan yang menghangat secara vulkanik di bawah kerak es bulan.

10.  Pada 2004, ditemukan metana pada sampel dari planet Mars. Metana ini dihasilkan dari interaksi makanan-mikroba sejak jutaan tahun yang lalu. 

11. Masih di tahun yang sama, proyek Seti (yang memindai ruang angkasa dengan teleskop radio besar) menangkap sinyal radio terarah ketiga selama 50 tahun pencarian sumber di alam semesta 

12. Ayat Alquran yang menunjukkan kemungkinan manusia bertemu dengan makhluk asing luar angkasa di masa depan. Allah SWT berfirman: 

وَمِنْ آيَاتِهِ خَلْقُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَاخْتِلَافُ أَلْسِنَتِكُمْ وَأَلْوَانِكُمْ ۚ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَاتٍ لِلْعَالِمِينَ

"Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah menciptakan langit dan bumi dan berlain-lainan bahasamu dan warna kulitmu. Sesungguhnya pada yang demikan itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang mengetahui." (QS Ar Rum ayat 22)

 

 

Sumber: alriyadh   

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement