Jumat 22 Sep 2023 09:28 WIB

Naskah Khutbah Jumat: Karakter Nabi Muhammad dan Umatnya

Siapa yang mengamallkan contoh Nabi Muhammad akan memperoleh kemenangan.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Anak-anak mengikuti pawai menyambut Milad hari lahir Nabi Muhammad SAW di Karachi, Pakistan, Kamis (21/9/2023). Maulid Nabi Muhammad SAW dirayakan oleh banyak umat Islam setiap tahun pada tanggal 12 Rabi-ul-Awal , bulan ketiga dalam Kalender Islam.
Foto:

Beliau pernah diembargo ekonomi. Selama sekitar tiga tahun nabi dan para pengikutnya terkucil di lembah syi'ib di luar kota Makkah. Namun, beliau tetap tegar dan bergeming sedikitpun dalam memperjuangkan kebenaran.

Rasulullah juga pernah diiming-iming takhta, harta dan wanita melalui pamannya Abu Thalib, namun Rasulullah tidak tergoda. Bahkan beliau menjawab tawaran tersebut dengan menyatakan: "Wahai paman, demi Allah, seandainya mereka itu bisa meletakkan matahari di tangan kananku, dan bulan ditangan kiriku, agar aku meninggalkan dakwahku ini, tidaklah akan aku tinggalkan.

Di zaman kita sekarang ini, tantangan memang tidak sebesar Rasulullah SAW. Tetapi indikasinya tidak jauh berbeda.

Perang ideologi begitu berpengaruh dalam kehidupan umat Islam. Tidak sedikit orang Islam yang tergelincir dalam pemikiran sesat, bahkan kehilangan prinsip yang selama ini diyakini kebenarannya. Inilah yang harus kita waspadai dengan bersikap tegas, sebagaimana yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW.

Hadirin jamaah Jumat rahimakumullah

Kedua, saling menyayangi sesama Muslim. Kehidupan orang beriman diibaratkan oleh Rasulullah SAW seperti bangunan yang saling menguatkan.

Atau seperti tubuh yang saling menopang. Diriwayatkan dari Abu Dawud dan Tirmidzi, bahwa nabi Muhammad SAW berkata: Bukan termasuk umatku, kalau yang kecil tidak hormat kepada yang besar, dan sebaliknya yang besar tidak sayang terhadap yang kecil.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement