Senin 18 Sep 2023 23:40 WIB

8 Fakta tentang Istana Supermegah Firaun yang Diabadikan Alquran

Firaun membangun istana-istana megah selama berkuasa.

Museum Luxor. Firaun membangun istana-istana megah selama berkuasa
Foto: dailynewsegypt.com
Museum Luxor. Firaun membangun istana-istana megah selama berkuasa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Bila melihat berbagai peninggalan Firaun masa itu saat ini, maka dapat diketahui betapa besarnya kekuasaan Firaun, dan kemegahan istananya. 

Seberapa mewah dan megahnya istana Firaun tersebut, dan di manakah keberadaannya? Firaun  memerintahkan Haman, salah seorang pengikut setianya, untuk membuatkan sebuah bangunan tinggi. Ia ingin menyaksikan tuhannya Musa dan Harun.

Baca Juga

وَقَالَ فِرْعَوْنُ يَا أَيُّهَا الْمَلَأُ مَا عَلِمْتُ لَكُمْ مِنْ إِلَٰهٍ غَيْرِي فَأَوْقِدْ لِي يَا هَامَاننُ عَلَى الطِّينِ فَاجْعَلْ  لِي صَرْحًا لَعَلِّي أَطَّلِعُ إِلَىٰ إِلَٰهِ مُوسَىٰ وَإِنِّي لَأَظُنُّهُ مِنَ الْكَاذِبِيينَ

''Dan berkata Firaun, 'Hai pembesar kaumku, aku tidak mengetahui tuhan bagimu selain aku. Maka, bakarlah hai Haman untukku tanah liat kemudian buatkanlah untukku bangunan yang tinggi supaya aku dapat naik melihat Tuhan Musa, dan sesungguhnya aku benar-benar yakin bahwa dia termasuk orang-orang pendusta.'' (QS Al-Qasas [28]: 38).

 

وَقَالَ فِرْعَوْنُ يَا هَامَانُ ابْنِ لِي صَرْحًا لَعَلِّي أَبْلُغُ الْأَسْبَابَ أَسْبَابَ السَّمَاوَاتِ فَأَطَّلِعَ إِلَىٰ إِلَٰهِ مُوسَىٰ وَإِننِّي لَأَظُنُّهُ كَاذِبًا ۚ 

Firaun berkata, ''Hai Haman, buatkanlah bagiku sebuah bangunan yang tinggi supaya aku sampai ke pintu-pintu, (yaitu) pintu-pintu langit, supaya aku memandangnya (Musa--Red) sebagai seorang pendusta.'' (QS Al-Mu'min [40]: 36-37).

Beberapa bangunan yang didirikan dinasti Firaun itu, hingga kini masih bisa disaksikan. Namun, bila merujuk pada keterangan Alquran, istana yang dibangun Firaun pada masa Musa itu, telah dihancurkan oleh Allah SWT. 

 وَتَمَّتْ كَلِمَتُ رَبِّكَ الْحُسْنَىٰ عَلَىٰ بَنِي إِسْرَائِيلَ بِمَا صَبَرُوا ۖ وَدَمَّرْنَا مَا كَانَ يَصْنَعُ عُ فِرْعَوْنُ وَقَوْمُهُ وَمَا كَانُوا يَعْرِشُونَ 

''Dan sempurnalah perkataan Tuhanmu yang baik (sebagai janji) untuk Bani Israil disebabkan kesabaran mereka. Dan Kami hancurkan apa yang telah dibuat Firaun dan kaumnya dan apa yang telah dibangun mereka.'' (QS Al-Araf [7]: 137). Berikut ini sejumlah fakta terkait istana Firaun yang disebutkan dalam Alquran:  

1. Sebagai sebuah istana, tempat singgasana raja, tentu saja, keberadaannya sangat mewah dan megah. Sebagaimana dikisahkan, setelah Musa dihanyutkan ke sungai, ia diasuh di istana Firaun. Begitu juga, ketika Musa dan Harun mengajak Firaun agar beriman kepada Allah, serta Musa melawan para ahli sihir Firaun, semua itu dikisahkan berada di dalam istana Firaun.

فَأْتِيَاهُ فَقُولَا إِنَّا رَسُولَا رَبِّكَ فَأَرْسِلْ مَعَنَا بَنِي إِسْرَائِيلَ وَلَا تُعَذِّبْهُمْ ۖ قَدْ جِئْنَاكاكَ بِآيَةٍ مِنْ رَبِّكَ ۖ وَالسَّلَامُ عَلَىٰ مَنِ اتَّبَعَ الْهُدَىٰ 

Baca juga: Keajaiban Angka 19 yang Disebutkan dalam Alquran dan Pengakuan Sarjana Barat 

''Maka, datanglah kamu berdua kepadanya (Firaun) dan katakanlah: ''Sesungguhnya kami berdua adalah utusan Tuhanmu, maka lepaskanlah Bani Israil bersama kami dan janganlah kamu menyiksa mereka. Sesungguhnya kami telah datang kepadamu dengan membawa bukti (atas kerasulan kami) dari Tuhanmu. Dan keselamatan itu dilimpahkan kepada orang-orang yang mengikuti petunjuk.'' (QS Thaha [20]: 47).

sumber : Harian Republika
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement