Senin 18 Sep 2023 23:40 WIB

8 Fakta tentang Istana Supermegah Firaun yang Diabadikan Alquran

Firaun membangun istana-istana megah selama berkuasa.

Museum Luxor. Firaun membangun istana-istana megah selama berkuasa
Foto:

2. Bila merujuk pada keterangan Alquran, istana yang dibangun Firaun pada masa Musa itu, telah dihancurkan oleh Allah SWT. 

 وَتَمَّتْ كَلِمَتُ رَبِّكَ الْحُسْنَىٰ عَلَىٰ بَنِي إِسْرَائِيلَ بِمَا صَبَرُوا ۖ وَدَمَّرْنَا مَا كَانَ يَصْنَعُ عُ فِرْعَوْنُ وَقَوْمُهُ وَمَا كَانُوا يَعْرِشُونَ 

''Dan sempurnalah perkataan Tuhanmu yang baik (sebagai janji) untuk Bani Israil disebabkan kesabaran mereka. Dan Kami hancurkan apa yang telah dibuat Firaun dan kaumnya dan apa yang telah dibangun mereka.'' (QS Al-Araf [7]: 137).

Ibnu Katsir dalam menafsirkan surat Al-Araf [7] ayat 137 di atas, menyatakan, Allah SWT menghancurkan bangunan dan ladang-ladang milik Firaun. 

Sementara itu, sebagian lainnya menyatakan, maksud dihancurkan dalam ayat tersebut dengan kata menenggelamkan. 

Beberapa ahli arkeologi, mencoba melakukan penelitian tentang istana atau bangunan-bangunan yang didirikan Firaun. 

3. Bani Israil di waktu mereka berada di Mesir adalah budak Firaun. Mereka dipekerjakan untuk mendirikan bangunan-bangunan yang besar dan kota-kota dengan kerja paksa. Maka, Nabi Musa AS meminta Firaun agar Bani Israil dibebaskan. Lihat Thaha [20]: 69,  QS Asy-Syuara [26]: 18-19), dan  QS Al-Qashash [28]: 38. 

Baca juga: Dalil Ayat Alquran dan Hadits Ini Tegaskan Muhammad SAW adalah Nabi dan Rasul Terakhir

Ungkapan serupa ini juga terdapat dalam surah al-Mu'min [40]: 36-37). Dan ayat di atas menerangkan bahwa peristiwa itu terjadi di istana Firaun. 

4. Bila melihat bukti-bukti yang ada, keberadaan istana Firaun itu berada di kawasan Luxor (al-Uqsur), sekarang ini, yaitu terletak di pinggir Sungai Nil. Luxor, kota tua di Mesir yang dibangun oleh Raja Amenothep (Minepthah) III dan Ramses II ini dikenal sebagai the World Open-Air Museum (Museum Terbuka di dunia),  yang banyak dikunjungi oleh turis-turis mancanegara. 

5. Di kota tua ini, terdapat berbagai peninggalan sejarah yang usianya telah mencapai ribuan tahun. Bahkan, hampir sepertiga peninggalan bersejarah di dunia, termasuk barang antik, ada di Kota Luxor. 

sumber : Harian Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement