Senin 18 Sep 2023 22:04 WIB

Alquran Sebut Istana Megah yang Dibangun Firaun dan Kesombongannya

Firaun membangun istana-istana megah selama berkuasa

Kuil Luxor, salah satu tujuan wisata di Mesir. Firaun membangun istana-istana megah selama berkuasa
Foto: tripadvisor.com
Kuil Luxor, salah satu tujuan wisata di Mesir. Firaun membangun istana-istana megah selama berkuasa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Akibat kekuasaan yang teramat besar Firaun merasa dia paling berkuasa di muka bumi ini. Sehingga, dia memerintah negerinya dengan tangan besi. Tidak seorang pun yang berani melawannya secara terang-terangan. 

Pendek kata, apa yang diperintahkannya harus ditaati. Apa yang diinginkannya harus dipenuhi dan apa yang dikatakannya harus didengarkan. Ia pun mengaku dirinya sebagai tuhan. Bahkan, dengan lantang ia menentang Musa dan Harun AS yang diutus oleh Allah SWT untuk menyadarkannya. 

Baca Juga

Ia memerintahkan Haman, salah seorang pengikut setianya, untuk membuatkan sebuah bangunan tinggi. Ia ingin menyaksikan tuhannya Musa dan Harun.

وَقَالَ فِرْعَوْنُ يَا أَيُّهَا الْمَلَأُ مَا عَلِمْتُ لَكُمْ مِنْ إِلَٰهٍ غَيْرِي فَأَوْقِدْ لِي يَا هَامَاننُ عَلَى الطِّينِ فَاجْعَلْ لِي صَرْحًا لَعَلِّي أَطَّلِعُ إِلَىٰ إِلَٰهِ مُوسَىٰ وَإِنِّي لَأَظُنُّهُ مِنَ الْكَاذِبِيينَ

''Dan berkata Firaun, 'Hai pembesar kaumku, aku tidak mengetahui tuhan bagimu selain aku. Maka, bakarlah hai Haman untukku tanah liat kemudian buatkanlah untukku bangunan yang tinggi supaya aku dapat naik melihat Tuhan Musa, dan sesungguhnya aku benar-benar yakin bahwa dia termasuk orang-orang pendusta.'' (QS Al-Qashash [28]: 38).

وَقَالَ فِرْعَوْنُ يَا هَامَانُ ابْنِ لِي صَرْحًا لَعَلِّي أَبْلُغُ الْأَسْبَابَ أَسْبَابَ السَّمَاوَاتِ فَأَطَّلِعَ إِلَىٰ إِلَٰهِ مُوسَىٰ وَإِنِّي لَأَظُنُّهُ كَاذِبًا ۚ 

Firaun berkata, ''Hai Haman, buatkanlah bagiku sebuah bangunan yang tinggi supaya aku sampai ke pintu-pintu, (yaitu) pintu-pintu langit, supaya aku memandangnya (Musa--Red) sebagai seorang pendusta.'' (QS Al-Mu'min [40]: 36-37).

Beberapa bangunan yang didirikan dinasti Firaun itu, hingga kini masih bisa disaksikan. Namun, bila merujuk pada keterangan Alquran, istana yang dibangun Firaun pada masa Musa itu, telah dihancurkan oleh Allah SWT. 

 وَتَمَّتْ كَلِمَتُ رَبِّكَ الْحُسْنَىٰ عَلَىٰ بَنِي إِسْرَائِيلَ بِمَا صَبَرُوا ۖ وَدَمَّرْنَا مَا كَانَ يَصْنَعُ عُ فِرْعَوْنُ وَقَوْمُهُ وَمَا كَانُوا يَعْرِشُونَ 

''Dan sempurnalah perkataan Tuhanmu yang baik (sebagai janji) untuk Bani Israil disebabkan kesabaran mereka. Dan Kami hancurkan apa yang telah dibuat Firaun dan kaumnya dan apa yang telah dibangun mereka.'' (QS Al-Araf [7]: 137). 

Baca juga: Dalil Ayat Alquran dan Hadits Ini Tegaskan Muhammad SAW adalah Nabi dan Rasul Terakhir

Ibnu Katsir dalam menafsirkan surat Al-Araf [7] ayat 137 di atas, menyatakan, Allah SWT menghancurkan bangunan dan ladang-ladang milik Firaun. 

Sementara itu, sebagian lainnya menyatakan, maksud dihancurkan dalam ayat tersebut dengan kata menenggelamkan. 

Beberapa ahli arkeologi, mencoba melakukan penelitian tentang istana atau bangunan-bangunan yang didirikan Firaun. 

Hasil penggalian yang dilakukan itu, ditemukan sebuah kuil yang bernama Kuil Amun, terletak di timur Sungai Thebes. Konon, bangunan ini dulunya dibangun pada masa Thutmosis I, pada 1550 Sebelum Masehi (SM). 

Baca juga: Keajaiban Angka 19 yang Disebutkan dalam Alquran dan Pengakuan Sarjana Barat 

Dari penemuan itu, dalam kuil Amun terdapat sebuah stasiun, ruang gudang, dan bengkel. Bangunan ini terdiri atas tiang-tiang (pilar-pilar) raksasa di Karnak. Konon, pada saat pembangunannya digunkan batu-batu besar yang dipindahkan dari sungai. 

Kuil Karnak memiliki panjang sekitar 433 meter, dengan kolom (tiang) setinggi 23,5 meter dan besarnya tiang (pilar) berdiameter 6,6 meter. 

Jumlahnya sebanyak 134 buah. Tembok, tiang, dan pintu gerbang dipenuhi dengan lukisan dan tulisan yang menceritakan pemerintahan dan peperangan para raja. Kompleks pemujaan di Karnak ini terdapat tiga kuil utama, yaitu Mut, Montu, dan Amun. 

sumber : Harian Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement