Sabtu 23 Mar 2024 05:52 WIB

Kuil dan Taman Firaun yang Disebut Alquran Terdapat di Luxor Mesir? Ini Penjelasan Pakar

Alquran menyebut kuil dan taman Firaun dalam Surat Asy-Syuara dan Ad-Dukhan

Rep: Fuji E Permana / Red: Nashih Nashrullah
Kuil Luxor, salah satu tujuan wisata di Mesir.  Alquran menyebut kuil dan taman Firaun dalam Surat Asy-Syuara dan Ad-Dukhan
Foto: tripadvisor.com
Kuil Luxor, salah satu tujuan wisata di Mesir. Alquran menyebut kuil dan taman Firaun dalam Surat Asy-Syuara dan Ad-Dukhan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kuil Karnak (Karnak Temple) terletak di Luxor yakni sebuah kota yang terletak di kedua tepi timur dan barat Sungai Nil di Mesir. Kompleks kuil ini disebut sebagai yang terbesar di dunia. 

Kompleks candi Angkor Wat di Kamboja yang dibuat pada sekitar abad ke-12 Masehi, oleh beberapa kalangan juga disebut sebagai kompleks bangunan suci terbesar di dunia. 

Baca Juga

Satu hal yang pasti, Kuil Karnak merupakan yang terbesar di era ribuan tahun Sebelum Masehi (SM). 

Demikian dijelaskan Arkeolog, Profesor Ali Akbar dalam buku Arkeologi Alquran: Penggalian Pengetahuan Keagamaan terbitan Lembaga Kajian dan Peminatan Sejarah, 2020.

Profesor Ali Akbar yang telah berkunjung ke Kuil Karnak menceritakan bahwa saat memasuki area Kuil Karnak terdapat semacam pusat informasi yang antara lain berisi berbagai foto lama yang dibuat pada 1870. 

Foto lama itu menjadi saksi awal mula penemuan Kuil Karnak. Kuil ini pada saat ditemukan kembali dalam keadaan rusak dan telah ditinggalkan masyarakat penggunanya. Sebagian reruntuhan bangunan tampak tertutup tanah.

Namun, meskipun telah ditinggalkan dan terkubur selama ribuan tahun, salah satu foto menunjukkan saat kuil ini ditemukan ternyata terdapat mata air atau oase atau danau.

"Mata air atau danau tidak dijumpai di kuil-kuil lain di Mesir," kata Profesor Ali Akbar dalam bukunya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement