Senin 11 Sep 2023 08:08 WIB

8 Hadits Tentang Keutamaan Surat Al Mulk

Muslim dianjurkan membaca Surat Al Mulk setiap malam sebelum tidur.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Seorang Muslim tengah membaca Alquran.
Foto: republika
Seorang Muslim tengah membaca Alquran.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Surat Al Mulk memiliki keutamaan besar yang patut menjadi perhatian bagi setiap Muslim agar surat tersebut senantiasa dibaca setiap hari, khususnya pada malam hari sebelum tidur.

Ada sejumlah riwayat yang menjelaskan betapa besar keutamaan Surat Al Mulk atau yang disebut juga dengan Surat Tabarak. Berikut ini hadits-hadits tentang keutamaan Surat Al Mulk.

Baca Juga

Keutamaan Surat Al Mulk

1. Disebut Al Maani'ah oleh para Sahabat

Diriwayatkan dari Abdullah bin Mas'ud RA, dia berkata:

 

من قرأ تبارك الذي بيده الملك كل ليلة منعه الله عز وجل بها من عذاب القبر، وكنا في عهد رسول الله صلى الله عليه وسلم نسميها المانعة، وإنها في كتاب الله عز وجل، سورة من قرأ بها في كل ليلة فقد أكثر وأطاب . رواها النسائي

"Siapa yang membaca Tabarokalladzi bi yadihil mulk (Surat Al-Mulk) setiap malam, maka Allah SWT akan menyelamatkannya dari siksa kubur. Kami (para sahabat Nabi SAW) di masa Rasulullah SAW menamakan surat tersebut 'Al Maani'ah' (penyelamat dari siksa kubur). Ini adalah surat dalam Alquran yang siapapun yang membacanya pada setiap malam, maka ia telah berbuat kebaikan dan memperbanyaknya." (HR An-Nasa'i)

2. Menjadi Syafaat

Dalam hadits yang diriwayatkan dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda:

عن أبي هريرة رضي الله عنه عن النبي صلى الله عليه وسلم قال: «مِنَ القُرْآنِ سُورَةٌ ثَلاثُونَ آيَةً شَفَعَتْ لِرَجُلٍ حَتَّى غُفِرَ لَهُ، وَهِي: تبارك الذي بيده الملك». وفي رواية أبي داود: «تشفع». [رواه أبو داود والترمذي وابن ماجه وأحمد]

"Sesungguhnya dalam Alquran itu ada surat dengan 30 ayat yang menjadi syafaat (penolong) bagi seseorang sampai dia mendapatkan ampunan. Itulah Surat Tabarak (Al-Mulk)." (HR Abu Daud, At-Tirmidzi dan Ibnu Majah)

3. Nabi Muhammad SAW Membaca Surat Al Mulk Sebelum Tidur

Hadits riwayat Jabir bin Abdullah RA menyebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW tidak tidur kecuali sebelumnya membaca dua surat ini. Salah satu surat tersebut adalah Al Mulk.

عن جابر «أن النبي صلى الله عليه وسلم كان لا ينام حتى يقرأ الم تنزيل، وتبارك الذي بيده الملك

Dari Jabir bin Abdullah RA, dia berkata, "Tidaklah Nabi SAW tidur hingga beliau membaca alif laam mim tanzil (Sura As-Sajadah) dan tabaarakalladzi biyadihil mulk (Surat Al Mulk)." (HR At-Tirmidzi)

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement