Jumat 12 Jan 2024 14:46 WIB

Tujuh Keutamaan Membaca Surat Al Mulk  

Membaca Surat Al Mulk salah satu keutamaannya adalah menarik rezeki.

Rep: Mabruroh/ Red: Muhammad Hafil
Membaca Surat Al Mulk salah satu keutamaannya adalah menarik rezeki. Foto:  Alquran.
Foto: SPA
Membaca Surat Al Mulk salah satu keutamaannya adalah menarik rezeki. Foto: Alquran.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA — Para sahabat Nabi saw menyebutkan surat al Mulk ini sebagai surat al Maani’ah, yang berarti penyelamat dari siksa kubur. Al Mulk merupakan surat ke 67 dalam susunan Alquran.

Ustadz Akbar Saman dalam bukunya Doa & Dzikir untuk Ibu Hamil menyarankan agar siapa pun rajin membaca surat Al Mulk. Karena surat ini laiknya sholat dhuha, dianjurkan  untuk dibaca setiap hari. Sebab, surat tersebut memiliki manfaat yang luar biasa dahsyat bagi hidup manusia. 

Baca Juga

Seperti halnya surat al-Waaqi'ah, Al Mulk juga mampu mendatangkan rezeki yang berlimpah jika diamalkan dengan sungguh-sungguh. Berikut ini tujuh keutamaan membaca surat Al Mulk.

Pertama, sebagai pembuka kesempitan. 

 

Kesempitan merupakan sesuatu yang tidak diharapkan oleh setiap orang. Bagi umat Islam yang ingin hidupnya dijauhkan dari segala bentuk kesempitan, maka bacalah surah Al-Mulk secara istiqamah. 

Dalam kitab Abwaab Al-Farj dikatakan, "Sebagian pembuka pintu kesempitan adalah menyibukkan diri dengan membaca surah Al-Mulk, khususnya ketika akan tidur."

Disebutkan dalam salah satu hadits riwayat Imam at- Turmudzi ra dari Imam Jaabir, "Sesungguhnya Nabi Muhammad SAW tidak tidur sebelum membaca surah As-Sajdah dan surah Al-Mulku." (HR.Ahmad, at-Turmudzi, dan ad-Darimi)

Dua, Mendapatkan syafa'at dan diampuni dosanya. 

Setiap orang pasti, ingin hidupnya mendapatkan syafa'at (pertolongan), terhindar dari segala bentuk kejelekan, dan diampuni dosanya. Oleh sebab itu, hendaklah membaca surah ini setiap hari. Dari Abu Hurairah ra, Rasul bersabda:

"Sesungguhnya dalam Al-Quran terdapat 30 ayat yang akan menolong seseorang, hingga mengampuninya. Ayat tersebut adalah surah al-Mulku." (HR. Ahmad, At-Turmudzi, Abu Daud, An-Nasai, dan Ibnu Majah)

Tiga, Mendapatkan penjagaan dan masuk surga. 

Dikatakan bahwa orang yang selalu mendawamkan surah Al-Mulk akan mendapatkan penjagaan Allah SWT sampai pada saatnya akan dimasukkan ke dalam surga. 

“Salah satu surat dalam Alquran terdapat 30 ayat, jika orang membacanya akan mendapatkan penjagaan sampai pada saatnya masuk surga. Ayat tersebut adalah surah Al-Mulk." (HR. Thabrani).

Empat, Mendapatkan kebaikan diri dan keluarga. 

Di kalangan ahli Ilmu, terdapat istilah ulama Khowash artinya ulama yang memiliki keahlian khusus di bidang manfaat atau khasiat suatu ayat. Mereka, para ulama Khawash mengatakan, "Orang yang membaca surat Al-Mulk, akan melihat setiap kebaikan dalam diri dan keluarganya. Terutama memperbanyak bacaan pada ayat:

أَلَا يَعْلَمُ مَنْ خَلَقَ وَهُوَ اللَّطِيفُ الْخَبِيرُ

Karena ayat tersebut memiliki khasiat dan rahasia yang luar biasa, sesuai dengan jumlah hitungannya, yaitu 2012 kali.”

Lima, Membentengi diri dari siksa kubur. 

Siksa kubur, nikmat kubur, dan pertanyaan malaikat munkar nakir bagi umat Islam adalah akidah yang wajib diyakini. Ketika seseorang meninggal, kemudian dikubur, akan mengalami ketiga hal tersebut tergantung amalnya ketika di dunia.  Bagi umat Islam yang ingin selamat dari siksa kubur dan mampu menjawab pertanyaan di alam kubur, hendaklah selalu mendawamkan surah Al-Mulk. 

Dalam satu riwayat, diceritakan bahwa seorang lelaki meninggal dunia. Kemudian malaikat menghampiri dan duduk dekat kepalanya. Kemudian terdengar suara yang mengatakan, "Tidak ada jalan bagi kalian untuk menyiksanya, karena ia selalu membiasakan membaca surah Al-Mulk".

 

Enam, Penyelamat dan penjaga dari api neraka. 

Ibnu 'Abbas ra mengatakan kepada seorang lelaki, "Apakah kamu ingin mendengar salah satu hadits yang akan membawa kebahagiaan?" Lelaki itu menjawab, Ya!" Kemudian Ibnu 'abbas ra mengatakan, "Bacalah olehmu surah Al-Mulk, jagalah jangan sampai tertinggal, ajarkanlah kepada keluarga dan anak-anakmu, serta anak yang ada di rumah dan tetanggamu. Karena surah tersebut adalah penyelamat, penjaga pada hari kiamat di hadapan Allah bagi yang membacanya. la (surat Al-Mulk) akan meminta kepada Allah agar menyelamatkannya dari api neraka dan siksa kubur."

Tujuh, Penarik datangnya rezeki. 

Di antara sebagian besar manfaat dan keutamaan surat Al-Mulk adalah menjadi penyebab kemudahan mendatangkan rezeki. Allah SWT akan memberikan kemudahan dan kelapangan rezeki kepada umat-Nya yang selalu membiasakan diri membaca surah Al-Mulk.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement