Kamis 11 Jan 2024 21:07 WIB

Fadhilah Baca Surat Al Waqiah di Malam Hari, Terhindar dari Kemiskinan

Surat Al Waqiah adalah Surat Kekayaan.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Muhammad Hafil
Alquran (ilustrasi).
Foto: Dok Republika
Alquran (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Nabi Muhammad SAW memberitahu sebuah surat dalam Alquran yang dianjurkan untuk dibaca pada malam hari. Hal ini dijelaskan dalam Tafsir Fath Al Qadir karya Imam Asy Syaukani.

Diriwayatkan dari Ibnu Mas'ud RA, dia mendengar Nabi Muhammad SAW bersabda:

Baca Juga

 «مَن قَرَأ سُورَةَ الواقِعَةِ كُلَّ لَيْلَةٍ لَمْ تُصِبْهُ فاقَةٌ أبَدًا» .

"Siapa yang membaca Surat Al Waqiah setiap malam, maka tidak akan ditimpa kemiskinan selamanya." (HR. Al Bayhaqi, Ibn Mardawayh, Abu Ya'la, Al Harits bin Abi Usama, dan Ibn Al Durais.

 

Hadits tersebut menunjukkan bahwa membaca Surat Al Waqiah pada malam hari mengandung fadhilah yaitu terhindar dari kemiskinan.

Riwayat hadits lain pun mengungkap hal yang serupa, yakni menyebutkan bahwa Surat Al Waqiah adalah Surat Kekayaan dan Nabi SAW berpesan untuk mengajarkan pada anak-anak.

Diriwayatkan dari Ibnu Abbas RA, Rasulullah SAW bersabda:

وأخْرَجَ ابْنُ عَساكِرَ عَنِ ابْنِ عَبّاسٍ عَنْ رَسُولِ اللَّهِ ﷺ قالَ: «سُورَةُ الواقِعَةِ سُورَةُ الغِنى، فاقْرَءُوها وعَلِّمُوها أوْلادَكم» .

"Surat Al Waqiah adalah Surat Kekayaan, maka bacalah dan ajarkanlan kepada anak-anak kalian." (Hadits ini dikeluarkan oleh Ibn Asakir)

Nabi Muhammad SAW juga berpesan supaya Surat Al Waqiah diajarkan kepada para wanita.

Dari Anas bin Malik RA, Nabi Muhammad SAW bersabda:

«عَلِّمُوا نِسائَكم سُورَةَ الواقِعَةِ فَإنَّها سُورَةُ الغِنى»

"Ajarkanlah wanita kalian Surat Al Waqiah, karena itu adalah Surat Kekayaan." (HR. Ad-Dailami)

Waktu membaca Surat Al Waqiah bisa dilakukan pada saat melaksanakan sholat malam atau di sepertiga malam, atau di antara waktu sholat Subuh sampai terbitnya matahari. Juga dibolehkan membaca surat tersebut pada setiap hari Jumat.

Surat Al Waqiah mencegah seseorang dari kemiskinan dan kemelaratan. Surat itu melancarkan rezeki, sebagaimana istilah yang disebut oleh Nabi SAW untuk merujuk pada Surat Al Waqiah, yakni Surat Al Ghina atau Surat Kekayaan.

Sumber:

https://furqan.co/fath-alqadeer/56/1

https://www.elbalad.news/5383652

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement