Rabu 17 Jan 2024 01:05 WIB

Nabi SAW tidak Pernah Tinggalkan Surat Al Mulk Sebelum Tidur, Ini Rahasianya

Surat Al-Mulk memberi pembacanya segala kebaikan dan rezeki.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Membaca alquran (ilustrasi)
Foto: Republika
Membaca alquran (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di dalam Alquran terdapat surat yang memiliki keistimewaan, sebagaimana disebutkan dalam hadits Nabi Muhammad SAW. Salah satu surat tersebut ialah Surat Al Mulk.

Dar Al Ifta Mesir menjelaskan, seorang Muslim akan diberi pahala dan kebaikan yang berlimpah, ketika sebelum tidur membaca Surat Al Mulk. Surat Al-Mulk memberi pembacanya segala kebaikan dan rezeki. Seorang Muslim yang rajin membacanya, diampuni segala dosa-dosanya.

Baca Juga

BACA JUGA: Surat At Talaq Ayat 2: Ayat Alquran Kunci Mengatasi Masalah Hidup

Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda:

عن أبي هريرة رضي الله عنه عن النبي صلى الله عليه وسلم قال: «مِنَ القُرْآنِ سُورَةٌ ثَلاثُونَ آيَةً شَفَعَتْ لِرَجُلٍ حَتَّى غُفِرَ لَهُ، وَهِي: تبارك الذي بيده الملك». وفي رواية أبي داود: «تشفع». [رواه أبو داود والترمذي وابن ماجه وأحمد]

"Sesungguhnya dalam Alquran itu ada surat dengan 30 ayat yang menjadi syafaat (penolong) bagi seseorang sampai dia mendapatkan ampunan. Itulah Surat Tabarak (Al-Mulk)." (HR Abu Daud, At-Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Dalam hadits riwayat Jabir bin Abdullah RA menyebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW tidak tidur kecuali sebelumnya membaca dua surat ini. Salah satu surat tersebut adalah Al Mulk.

عن جابر «أن النبي صلى الله عليه وسلم كان لا ينام حتى يقرأ الم تنزيل، وتبارك الذي بيده الملك

Dari Jabir bin Abdullah RA, dia berkata, "Tidaklah Nabi SAW tidur hingga beliau membaca alif laam mim tanzil (Surat As-Sajadah) dan tabaarakalladzi biyadihil mulk (Surat Al Mulk)." (HR At-Tirmidzi)

Diriwayatkan pula dari Abdullah bin Mas'ud RA, dia berkata:

من قرأ تبارك الذي بيده الملك كل ليلة منعه الله عز وجل بها من عذاب القبر، وكنا في عهد رسول الله صلى الله عليه وسلم نسميها المانعة، وإنها في كتاب الله عز وجل، سورة من قرأ بها في كل ليلة فقد أكثر وأطاب . رواها النسائي

"Siapa yang membaca Tabarokalladzi bi yadihil mulk (Surat Al-Mulk) setiap malam, maka Allah SWT akan menyelamatkannya dari siksa kubur. Kami (para sahabat Nabi SAW) di masa Rasulullah SAW menamakan surat tersebut 'Al Maani'ah' (penyelamat dari siksa kubur). Ini adalah surat dalam Alquran yang siapapun yang membacanya pada setiap malam, maka ia telah berbuat kebaikan dan memperbanyaknya." (HR An-Nasa'i)

Rahasia Surat Al Mulk...

sumber : Mawdoo3
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement