Jumat 08 Sep 2023 02:11 WIB

Naskah Khutbah Jumat: Sakitnya Mati

Sakitnya sakaratul maut itu, seperti tiga ratus kali sakitnya tusukan pedang.

 Ilustrasi Wafat
Foto:

Kaum Muslimiin jam’ah Jum’at yang kami hormati

Ayat diatas Allah telah memberi pemahaman kepada kita bahwa semua manusia pasti akan mati dan sebelum mati manusia pasti akan diuji dengan berbagai ujian. Semua ujian itu merupak suatu membuat kita tidak senang seperti sakit, kemiskinan dan kemajian.

Selain itu, kita juga diuji dengan kebaikan dan kesenangan, seperti kekayaan, harta yang banyak dan ilmu yang kita miliki. Maka, kita sebagai orang beriman semua hal itu perlu disadari bahwa kehidupan didunia ini adalah sementara, diakhirat kita akan bertemu dengan kehidupan yang sebenarnya lagi kekal dan abadi selamanya.

Manusia tidak akan sampai ke akhirat sebelum melalui kematian. Karena itu kematian merupakan keharusan yang tidak dapat ditolak dengan apapun dan siapapun. Meskipun dia berada ditempat persembunyian yang atau berada di benteng yang kuat, kematian akan tetap mendatangi.

Dalam surat Yunus ayat 49 Allah berfirman:

Tiap-tiap umat mempunyai ajal. apabila telah datang ajal mereka, Maka mereka tidak dapat mengundurkannya barang sesaatpun dan tidak (pula) mendahulukan(nya).(QS. Yunus : 49)

Dalam surah al-jum’at ayat 8  dibunyikan:

Katakanlah: "Sesungguhnya kematian yang kamu lari daripadanya, Maka Sesungguhnya kematian itu akan menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang ghaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan". (QS. Al- al-jum’at : 8)

Dalam surah an-Ni ayat 78 disebutkan:

Di mana saja kamu berada, kematian akan mendapatkan kamu, Kendatipun kamu di dalam benteng yang Tinggi lagi kokoh.

sumber : https://suaramuhammadiyah.id/read/khutbah-jum-at-sakitnya-mati
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement