Jumat 18 Aug 2023 04:07 WIB

Naskah Khutbah Jumat: Baca dan Belanja Buku

Dengan membacalah maka ilmu pengetahuan dapat kita serap.

Naskah Khutbah Jumat: Baca dan Belanja Buku
Foto:

Jamaah Shalat Jumat yang dirahmati Allah SwT

Setelah mengetahui dan memahami manfaat membaca ini, maka sudah selayaknya dalam manajemen rumah tangga, kita alokasikan sebagian biaya untuk belanja buku. Belanja sembako, tentu sangat penting, guna menopang kehidupan keseharian. Namun, belanja buku ternyata tidak kalah pentingnya.

Tentu tidak harus setiap hari/minggu. Cukup sebulan sekali misalnya atau dua bulan sekali. Insya Allah tidak akan mengurangi belanja harian.

Buku apa yang sebaiknya kita beli? Saya kira tidak ada aturan baku. Kita dapat membeli dan membaca buku-buku agama yang berisi adab, akidah, fikih, muamalah. Setelah itu, kita dapat membeli dan membaca buku-buku ilmu pengetahuan umum.

Buku yang dapat menunjang karier atau minimal pengetahuan untuk diri dan keluarga. Misal buku tentang teknis memelihara ayam, lele atau teknis menanam pohon pisang dan masih banyak lagi.

أَقُولُ قَوْ لِي هَذَا وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ لِيْ وَلَكُمْ فَاسْتَغْفِرُوْهُ اِنَّهُ هُوَ الْغَفُورُ الرَّحِيْمُ

Khutbah II

الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ، وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُ اللَّهِ وَرَسُولُهُ، اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ الطَّيِّبِينَ الطَّاهِرِينَ وَعَلَى أَصْحَابِهِ أَجْمَعِينَ، وَعَلَى التَّابِعِينَ لَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّينِ.

Jamaah Shalat Jumat yang dirahmati Allah SwT

Begitu kuatnya pengaruh buku menjadi bagian dalam kehidupan, maka mari kita beli bilah-bilah buku yang dapat membangkitkan ghirah (semangat) ber-Islam. Kendati terus digerus teknologi, tetapi kehadiran buku tidak akan tergantikan.

Akhirnya, marilah kita berdoa bersama-sama agar dikuatkan hati kita senantiasa di jalan yang lurus, ikhlas – jalan yang diridhai Allah Swt.

. إِنَّ اللهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّ، يَاأَيُّهاَ الَّذِيْنَ ءَامَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَقَرَابَتِهِ وَأَزْوَاجِهِ وَذُرِّيَّاتِهِ أَجْمَعِيْنَ. اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ اْلأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَاْلأَمْوَاتِ، إِنَّكَ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدَّعَوَاتِ وَيَا قَاضِيَ الْحَاجَاتِ. اللَّهُمَّ أَعِزَّ الإِسْلاَمَ وَالْمُسْلِمِيْنَ، وَوَحِّدِ اللَّهُمَّ صُفُوْفَهُمْ، وَأَجْمِعْ كَلِمَتَهُمْ عَلَى الحَقِّ، وَاكْسِرْ شَوْكَةَ الظَّالِمِينَ، وَاكْتُبِ السَّلاَمَ وَالأَمْنَ لِعِبادِكَ أَجْمَعِينَ

رَبَّنَا لا تُزِغْ قُلُوْبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا، وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً، إِنَّكَ أَنْتَ الوَهَّابُ

رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنْفُسَنَا وَإِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ الخَاسِرِيْنَ

رَبَّنَا آتِنَا في الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

عِبَادَ اللهِ، إِنَّ اللهَ يَأْمُرُكُمْ بِالْعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيتَآئِ ذِي الْقُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ الْفَحْشَآءِ وَالْمُنكَرِ وَالْبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ. فَاذْكُرُوا اللهَ الْعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَادْعُوْهُ يَسْتَجِبْ لَكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرُ

 

sumber : https://web.suaramuhammadiyah.id/2023/08/10/baca-dan-belanja-buku/
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement