Ahad 13 Aug 2023 14:30 WIB

Berbuat Baik kepada Orang Tua Termasuk Perintah Utama dari Allah SWT

Allah memerintahkan manusia berbuat baik kepada orang tuanya.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil
Berbuat baik kepada orang tua karena Allah SWT (ilustrasi)
Foto: republika
Berbuat baik kepada orang tua karena Allah SWT (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Alquran pada Surah Al-Baqarah Ayat 83 menjelaskan bahwa Allah SWT memerintahkan untuk tidak menyembah kepada selain Allah. Perintah kedua pada ayat ini adalah berbuat baik kepada kedua orang tua yakni ayah dan ibu.

Sesudah menyebutkan hak Allah untuk disembah, disusul dengan perintah berbuat kebajikan kepada ayah dan ibu. Hal ini menunjukan bahwa perintah berbakti kepada kedua orang tua termasuk perintah yang utama dari Allah, sebagaimana dijelaskan tafsir dari Surah Al-Baqarah Ayat 83.

Baca Juga

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

وَاِذْ اَخَذْنَا مِيْثَاقَ بَنِيْٓ اِسْرَاۤءِيْلَ لَا تَعْبُدُوْنَ اِلَّا اللّٰهَ وَبِالْوَالِدَيْنِ اِحْسَانًا وَّذِى الْقُرْبٰى وَالْيَتٰمٰى وَالْمَسٰكِيْنِ وَقُوْلُوْا لِلنَّاسِ حُسْنًا وَّاَقِيْمُوا الصَّلٰوةَ وَاٰتُوا الزَّكٰوةَۗ  ثُمَّ تَوَلَّيْتُمْ اِلَّا قَلِيْلًا مِّنْكُمْ وَاَنْتُمْ مُّعْرِضُوْنَ

 

(Ingatlah) ketika Kami mengambil perjanjian dari Bani Israil, “Janganlah kamu menyembah selain Allah, dan berbuatbaiklah kepada kedua orang tua, kerabat, anak-anak yatim, dan orang-orang miskin. Selain itu, bertutur katalah yang baik kepada manusia, laksanakanlah sholat, dan tunaikanlah zakat.” Akan tetapi, kamu berpaling (mengingkarinya), kecuali sebagian kecil darimu, dan kamu (masih menjadi) pembangkang. (QS Al-Baqarah Ayat 83)

Di dalam ayat ini, menurut Tafsir Kementerian Agama, Allah mengingatkan Nabi Muhammad SAW ketika Allah menetapkan atas Bani Israil akan janji yang harus mereka penuhi, yaitu bahwa mereka tidak akan menyembah sesuatu selain Allah. Allah melarang Bani Israil beribadah kepada selain Allah, biarpun berupa manusia atau berhala dan lain-lain, karena hal itu berarti mempersekutukan Allah dengan benda-benda tersebut.

Menyembah kepada selain Allah adakalanya dengan perbuatan-perbuatan yang lain yang berupa mengagungkan sesuatu yang disembah itu. Agama Allah yang dibawa oleh para utusan-Nya semua menekankan untuk menyembah Allah yang Maha Esa dan tidak mempersekutukan-Nya dengan suatu apapun, seperti firman Allah ini

 وَٱعْبُدُوا۟ ٱللَّهَ وَلَا تُشْرِكُوا۟ بِهِۦ شَيْـًٔا

Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun . . . (QS An Nisa Ayat 36)

Janji dari Bani Israil ini diawali dengan janji memenuhi hak Allah, hak yang tertinggi dan terbesar yaitu hanya Dia semata-mata yang berhak disembah, tidak ada sesuatu pun yang disekutukan dengan Dia. Semua makhluk diperintahkan menyembah-Nya dan untuk tugas inilah sebenarnya mereka diciptakan.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement