Jumat 23 Jun 2023 10:16 WIB

Naskah Khutbah Jumat: Ingat Mati Agar Hati-Hati

Dengan mengingat mati seorang pasti akan mengakhiri perbuatan maksiat kepada Allah.

Naskah Khutbah Jumat: Ingat Mati Agar Hati-Hati
Foto:

Kaum Muslimiin jam’ah Jum’at

Ayat di atas Allah telah memberi pemahaman kepada kita bahwa semua manusia pasti akan mati dan sebelum mati manusia pasti akan diuji dengan berbagai ujian. Suatu membuat kita tidak senang seperti sakit, kemiskinan dan kematian. Selain itu kita juga diuji dengan kebaikan dan kesenangan, seperti kekayaan, harta yang banyak dan ilmu yang kita miliki.

Maka kita sebagai orang  beriman semua hal itu perlu disadari bahwa kehidupan di dunia ini adalah sementara, di akhirat kita akan bertemu dengan kehidupan yang sebenarnya lagi kekal dan abadi selamanya.

Manusia tidak akan sampai ke akhirat sebelum melalui kematian. Karena itu kematian merupakan keharusan yang tidak dapat ditolak dengan apapun dan oleh siapaun. Meskipun dia berada di tempat persembunyuin yang atau berada di benteng yang kuat, kematian akan tetap mendatangi.

Tiap-tiap umat mempunyai ajal. apabila telah datang ajal mereka, Maka mereka tidak dapat mengundurkannya barang sesaatpun dan tidak (pula) mendahulukan(nya).(QS. Yunus : 49)

Katakanlah: “Sesungguhnya kematian yang kamu lari daripadanya, Maka Sesungguhnya kematian itu akan menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang ghaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan”. (QS. Al- al-jum’at : 8)

Dalam surah an-Ni ayat 78 disebutkan: Di mana saja kamu berada, kematian akan mendapatkan kamu, Kendatipun kamu di dalam benteng yang Tinggi lagi kokoh.

sumber : https://suaramuhammadiyah.id/2023/06/15/ingat-mati-agar-hati-hati/
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement