Kamis 08 Jun 2023 04:53 WIB

Doa Jika Mendengar Suara Setan

Jika setan mengganggu kumandangkanlah adzan.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Muhammad Hafil
Doa Jika Mendengar Suara Setan. Foto: Berdoa (ilustrasi)
Foto: Republika/Thoudy Badai
Doa Jika Mendengar Suara Setan. Foto: Berdoa (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Suhail bin Abu Shaleh meriwayatkan cerita ketika ayahnya menyuruh dirinya pulang ke kampung Bani Haritsah. Riwayat ini dikeluarkan oleh Imam Muslim dalam kitab Shahihnya, yang dinukil dalam kitab Al Adzkaar karya Imam Nawawi.

Perjalanan pulang itu ditemani oleh seorang pelayan lelaki atau seorang teman. Tiba-tiba, ada suara yang menyeru namanya dari arah kebun.

Baca Juga

"Lalu orang yang menemaniku itu memeriksa kebun. Ternyata ia tidak melihat sesuatu pun. Kemudian aku menceritakan hal tersebut kepada ayahku," kata Suhail dalam riwayatnya.

Ayah Suhail pun berkata, "Jika aku tahu bahwa kamu akan menjumpai hal seperti itu, tentu aku tidak akan mengirimmu. Tetapi bila kamu mendengar suara (yang memanggilmu), maka serukanlah adzan sholat, karena sesungguhnya aku pernah mendengar Abu Hurairah RA menceritakan suatu hadits dari Rasulullah SAW bahwa sesungguhnya setan itu lari jika diserukan adzan sholat.

Imam Nawawi juga menyampaikan, orang yang demikian itu juga dianjurkan untuk adzan. Imam Nawawi menukil sebuah riwayat dalam kitab Ibnu Sinni dari Jabir RA. Dalam riwayat ini, Nabi Muhammad SAW bersabda:

اِذَا تَغَوَّلَتْ لَكُم الغِيلَانُ فَنَادُوْا بِالْاَذَانِ

"Jika makhlus halus mengganggu kalian, maka serukanlah adzan."

Imam Nawawi menjelaskan, apa yang dimaksud dari hadits itu ialah menolak kejahatan dengan adzan. Karena sebenarnya setan jika mendengar suara adzan akan lari terbirit-birit.

Setan dalam menggoda hamba Allah SWT tidak terbatas pada hal-hal tertentu. Setan menggoda anak Adam untuk mengikuti ajakannya, dan setan selalu menggunakan rasionalisasi hingga yang digodanya itu terjerumus ke dalam jebakannya.

Jika gagal, setan akan menggunakan cara lain untuk menggodanya kembali sampai tujuannya tercapai. Nabi Muhammad SAW, pun memerintahkan umatnya untuk meminta perlindungan kepada Allah SWT dari godaan setan.

Allah SWT berfirman:

وَإِمَّا يَنْزَغَنَّكَ مِنَ الشَّيْطَانِ نَزْغٌ فَاسْتَعِذْ بِاللَّهِ ۖ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

"Dan jika setan mengganggumu dengan suatu gangguan, maka mohonlah perlindungan kepada Allah. Sesungguhnya Dialah yang Mahamendengar lagi Mahamengetahui." (QS. Fushilat: 36)

Allah SWT berfirman, "Dan apabila engkau (Muhammad) membaca Al-Qur'an, Kami adakan suatu dinding yang tidak terlihat antara engkau dan orang-orang yang tidak beriman kepada kehidupan akhirat." (QS Al Isra ayat 45)

Karena itu, menurut Imam Nawawi, seseorang hendaknya juga membaca Alquran agar dijauhkan dari godaan setan, tetapi sebelum memulai membaca Alquran, dianjurkan untuk mengucapkan ta'awwudz terlebih dulu.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement