Selasa 06 Jun 2023 09:53 WIB

Baca Doa Sesudah Baca Surat Al Mulk Berikut Ini Agar Maksimalkan Khasiatnya

Surat Al Mulk mempunyai sejumlah keutamaan bagi pembacanya

Rep: Andrian Saputra,  Alkhaledi Kurnia Alam / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi membaca Alquran . Surat Al Mulk mempunyai sejumlah keutamaan bagi pembacanya
Foto: Republika.co.id
Ilustrasi membaca Alquran . Surat Al Mulk mempunyai sejumlah keutamaan bagi pembacanya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Orang yang istiqamah membaca surat Al Mulk bahkan menghafalnya akan mendapatkan keistimewaan dan kemuliaan di sisi Allah SWT.

Dianjurkan setelah membaca surat Al Mulk berdoa kepada Allah SWT memohon keteguhan dalam Islam dan memohon perlindungan dari Allah SWT. Berikut doanya:

Baca Juga

اَللَّهُمَّ اعْصِمْنِيْ بِالْإِسْلَامِ قَاعِدًا وَرَاقِدًا وَلَا تَشْمُتْ فِيَّ عَدُوًّاا وَلَا حَاسِدًا اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّ كُلِّ دَابَّةٍ أَنْتَ آخِذٌ بِنَاصِيَتِهَا وَأَسْأَلُكَ الْخَيْرَ الَّذِيْ بِيَدِكَ

Allahumma' simniy bil islam qaaidan wa roqidan wa laa tasmut fii 'aduwaa wa laa haasidan, Allahumma innii 'audzubika min syarri kulli daabbatin anta ikhidun bi naasiyatihaa wa asalukal khoirol ladzi biyadika

Artinya: Ya Allah, jagalah aku dengan teguh dengan Islam, baik ketika berdiri (beraktifitas) atau baik ketika tidur (istirahat). Dan janganlah Engkau menggembirakan musuh dan orang yang dengki kepada kepadaku. Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari kejahatan setiap makhluk, setiap hewan yang Engkau pegang ubun-ubunnya (yang Allah Kuasai), dan aku mohon kebaikan semua makhluk yang sejatinya ada di tangan kekuasaanmu."  

Doa ini dapat ditemukan dalam kitab Washiyat al-Musthafa yang berisi wasiat-wasiat Rasulullah kepada Ali bin Abi Thalib. Dijelaskan dalam kitab tersebut bahwa orang yang membaca doa tersebut maka Allah akan menghindarkannya dari segala yang menyusahkannya, dari segala gangguan jin dan manusia atau gangguan binatang.

Keutamaan Al Mulk 

1. Mencegah siksa kubur

Dilansir dari Mawdoo3, keutamaan surat Al Mulk yang paling didamba seorang Muslim adalah terhindarkan dari siksa kubur. Rasulullah SAW bersabda:

عن عبدِ اللهِ بنِ مسعودٍ رضي الله عنه قال  (من قرأ { تباركَ الذي بيدِه الملكُ } كلَّ ليلةٍ ؛ منعه اللهُ عز وجل بها من عذابِ القبرِ  وكنا في عهدِ رسولِ اللهِ نسميها ( المانعةَ ) ،وإنها في كتابِ اللهِ عز وجل سورةٌ، من قرأ بها في كلِّ ليلةٍ ، فقد أكثر وأطاب) أكثر وأطيب : أي أكثر العمل الصالح وأتى بما هو طيب   

Artinya: Dari Sahabat Abdullah bin Mas’ud RA mengatakan, “Barangsiapa membaca “Tabarakalladzi biyadihil mulk” (surat Al Mulk) setiap malam, pasti Allah Azza wa Jalla menghindarkannya berkat surat tersebut dari adzab kubur, dan dahulu kami (para sahabat) pada masa Rasulullah SAW menamakannya “Al-Mani’ah”(pencegah/penghindar/penghalang). 

Sungguh surat tersebut ada dalam Kitab Allah Azza wa Jalla (Alquran), barangsiapa membacanya setiap malam, maka ia telah melakukan amal yang banyak lagi baik.”  (HR. An-Nasa’i dan ini redaksinya, juga Al-Hakim). 

Baca juga: Terpikat Islam Sejak Belia, Mualaf Adrianus: Jawaban Atas Keraguan Saya Selama Ini

2. Imbalan surga

Surga merupakan tempat kembali yang diidam-idamkan seorang hamba. Membaca surat Al Mulk dikatakan akan membuat orang yang membacanya diganjar dengan surga. Nabi bersabda:

 إنَّ سورةً من كتابِ اللهِ ما هي إلا ثلاثون آيةً، شفَعتْ لرجلٍ فأخرجَتْه من النَّارِ، وأدخلَتْه الجنَّةَ

Artinya: "Sesungguhnya ada surat dari Kitab Allah (Alquran), tidaklah surat tersebut melainkan hanya berisi 30 ayat, surat tersebut memberikan syafa’at (pertolongan) kepada seseorang sehingga mengeluarkannya pada hari kiamat dari api neraka dan memasukkannya ke surga, yaitu, surat Tabarak (Al-Mulk)." (HR. Abu Dawud dan At-Tirmidzi).

3. Menjaga sunnah Rasulullah SAW

Membaca surat ini juga berarti mendawamkan sunnah Nabi SAW yang tidak pernah ia tinggalkan. Rasulullah SAW bersabda:

 أنَّ النَّبيَّ صلَّى اللَّهُ علَيهِ وسلَّمَ كانَ لا يَنامُ حتَّى يقرأَ (الم تنزيلُ) وَتَبَارَكَ الَّذِي بِيَدِهِ الْمُلْكُ

 Artinya: "Tidaklah Nabi SAW tidur hingga beliau membaca alif laam mim tanzil (surah as-Sajadah) dan tabaarakalladzi biyadihil mulk (surah al-Mulk)." (HR Tirmidzi).   

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement