Sabtu 03 Jun 2023 05:05 WIB

Tafsir Surat Al Ikhlas Ayat 2: Nasihat Betapa Lemahnya Manusia

Allah adalah Dzat yang kepada-Nya mengarah semua harapan makhluk.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Tafsir Surat Al Ikhlas Ayat 2: Nasihat Betapa Lemahnya Manusia
Foto: AP Photo/Adel Hana
Tafsir Surat Al Ikhlas Ayat 2: Nasihat Betapa Lemahnya Manusia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pendakwah Mesir Syekh Ishom al-Ruby menjelaskan tentang tafsir Surat Al Ikhlas ayat 2, yang pada ayat ini dikatakan, "Allah tempat meminta segala sesuatu."

Syekh Al-Ruby mengatakan, seorang Muslim harus memahami Surat Al Ikhlas mengingat surat ini adalah surat terpendek dalam Alquran.

Baca Juga

"Jika suatu hari anak Anda bertanya, 'Ayah, apa arti dari Allahusshomad', Anda harus bisa menjawabnya, dan jawablah dengan jawaban ini," terangnya, seperti dilansir Masrawy.

Syekh Al-Ruby memaparkan, Allahusshomad yang artinya 'Allah tempat meminta segala sesuatu', bermakna Allah adalah Tuhan yang sempurna yang tidak bergantung pada siapa pun. Justru manusialah yang membutuhkan Dia.

 

"Setiap manusia membutuhkan Dia, tetapi Dia tidak membutuhkan siapapun," jelasnya.

Kata 'ashshomad' pada ayat tersebut menunjukkan Allah tidak bergantung pada siapapun atau bahkan semua manusia. Meski semua manusia membutuhkan Allah, tetapi Dia tidak membutuhkan siapapun.

"Maka sejatinya manusia itu fakir, miskin, lemah, hina. Tidak punya daya kekuatan. Dan Allah adalah sandaran para hamba-Nya," ujarnya.

Dengan demikian, cukuplah ayat tersebut untuk menyadarkan manusia bahwa mereka itu lemah dan tidak berdaya. Sebab, mereka membutuhkan Allah untuk bisa berdaya, dan memohon kepada-Nya agar permintaan mereka terkabul.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement