Jumat 02 Jun 2023 07:08 WIB

Doa yang Pas Dibaca saat Mengalami Resah, Gelisah, dan Diganggu Setan

Ketika Nabi Muhammad baca doa ini, setan menjadi hancur.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Erdy Nasrul
Berdoa (ilustrasi)
Foto: Republika/Thoudy Badai
Berdoa (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setan selalu berupaya dengan segala macam cara untuk menghancurkan, menjatuhkan, melemahkan orang-orang yang memiliki keimanan kuat dan membawa misi kebenaran yang maslahat untuk umat.

Mereka mengembuskan kabar bohong, fitnah, kebencian, dan lainnya di antara manusia yang menargetkan orang yang beriman tersebut sehingga ia tak dipercayai orang lain, dikucilkan, dihina, bahkan hingga dicelakai. Namun orang-orang yang memiliki keimanan kuat yang selalu bergantung kepada Allah tak gentar menghadapi berbagai tipu daya dan serangan setan yang berbagai macam cara. 

Baca Juga

Ada sebuah doa yang dapat dibaca agar Allah SWT memberikan perlindungan dari berbagai macam upaya jahat setan. Doa ini sangat baik dilafalkan setiap Muslim terutama bila dalam keadaan merasa takut atau gelisah karena suatu hal. Doa ini pernah dibaca Rasulullah SAW. 

Sebagaimana diriwayatkan dari Abdurrahman bin Khunays, ada seorang pria bertanya padanya: Apa yang dilakukan Rasulullah ketika setan datang padanya? Ia berkata: Setan datang dari lembah-lembah untuk mencari Rasulullah. Maka datang setang dengan membawa obor api untuk membakar Rasulullah. Rasulullah ketakutan melihatnya. Maka datang malaikat Jibril. Ia berkata: Ya Muhammad, ucapkanlah: 

 

أعُوذُ بِكَلِمَـاتِ اللـهِ التَّامَّاتِ الَّتِي لا يُجَاوِزُهُنَّ بَرٌّ وَلَا فَاجِرٌ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ، وبَرَأَ وذَرَأ، وَمِنْ شَرِّ مَا يَنْزِلُ مِنَ السَّمَاءِ، وَمِنْ شَرِّ مَا يَعْرُجُ فِيهَا، وَمِنْ شَرِّ مَا ذَرَأَ فِي الأرْضِ، وَمِنْ شَرِّ مَا يَخْرُجُ مِنْهَا، وَمِنْ شَرِّ فِتَنِ اللَّيْلِ والنَّهَارِ، ومِنْ شَرِّ كُلِّ طَارِقٍ إلاَّ طَارِقًا يَطْرُقُ بِخَيْرٍ يَا رَحْمـنُ

Audzu bikalimatillahi tammatil latii la yujaa wizu hunna barru wa laa faa jaru min syarrinma kholaq, wa baroa wa dzaroa, wa man syarro maa yanzilu minas samaai. Aa min syari maa ya'ruju fiyha, wa mon syarri maa dzaroa fiyl ardi, wa min syari maa yakhruju minhaa, wa min syarri fitanillaili wa nahari, wa min syarri kulli thoriqi illa thoriqon yathruqu bikhoiri ya rohmin.

Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna yang tidak bisa melewatinya orang yang baik maupun orang yang berdosa dari kejelekan yang Dia ciptakan, yang Dia buat dan yang Dia adakan dan dari kejelekan apa saja yang turun dari langit dan dari kejelekan apa saja yang naik padanya, dan dari kejelekan apa yang ada di bumi dan dari kejelekan apa yang keluar darinya, dan dari kejelekan fitnah malam dan siang, dan dari kejelekan yang datang pada malam hari kecuali yang datang dengan kebaikan wahai Allah yang Maha Pengasih. (HR Ahmad). 

 

Dalam keterangan lain disebutkan setelah Rasulullah membaca doa tersebut, api yang dibawa setan padam seketika dan Allah menghancurkan mereka. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement