Rabu 26 Apr 2023 06:32 WIB

Doa Agar Diberikan Kesehatan, Diajarkan Nabi Muhammad SAW 

Nabi Muhammad ajarkan doa kesehatan.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
 Doa Agar Diberikan Kesehatan, Diajarkan Nabi Muhammad SAW. Foto:  Doa sapu jagat yang sangat disukai Rasulullah SAW (ilustrasi)
Foto: Republika/Thoudy Badai
Doa Agar Diberikan Kesehatan, Diajarkan Nabi Muhammad SAW. Foto: Doa sapu jagat yang sangat disukai Rasulullah SAW (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Begitu berartinya memiliki tubuh yang sehat. Sebab orang yang memiliki tubuh yang sehat dapat lebih banyak aktivitas, beribadah dan memberi manfaat yang lebih besar kepada orang lain. Karena itu, dalam ajaran Islam memperhatikan terhadap kesehatan tubuh menjadi yang utama. 

Dalam menjaga kesehatan tubuh, Islam telah mengajarkan pemeluknya untuk selektif dalam memilih makanan. Makanan yang dikonsumsi oleh orang Muslim harus makanan yang halal dan thoyyib (baik dalam arti bagus bahan-bahan makanannya untuk kesehatan atau tidak menimbulkan mudharat, bagus juga rasanya, bagus juga bentuk dan penyajiannya tidak yang menjijikan,). Tak hanya soal makanan, Islam juga mengajarkan untuk bersiwak yang dapat berdampak pada kesehatan gigi dan mulut. 

Baca Juga

Selain itu ajaran Islam juga menganjurkan setiap Muslim  untuk berolahraga agar memiliki badan yang prima dan sehat. Bahkan Rasulullah SAW juga senang berolahraga memanah dan menunggang kuda. 

Selain itu seorang Muslim juga dianjurkan untuk senantiasa berdoa kepada Allah SWT yang memberikan kesehatan agar senantiasa memberikan kesehatan dan kebaikan kepada badan dan anggota tubuh kita yang lainnya. Berikut doanya yang diajarkan Rasulullah SAW sebagaimana menukil dari hadits riwayat Abu Dawud.  

 

اللَّهُمَّ عَافِنِي فِي بَدَنِي اللَّهُمَّ عَافِنِي فِي سَمْعِي اللَّهُمَّ عَافِنِي فِي بَصَرِي لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ

Allahumma 'aafiniy fiy badaniy , Allahumma 'aafiniy fiy sam'iy, Allahumma 'aafiniy fiy bashoriy, laa ilaaha Illa anta

Ya Allah berilah kesehatan kepada badanku, ya Allah berikanlah kesehatan kepada pendengaranku, ya Allah berikanlah kesehatan kepada penglihatan ku, Tidak ada Tuhan kecuali Engkau.

 

 

 

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement