Sabtu 15 Apr 2023 13:05 WIB

Doa Agar Dibangunkan Rumah di Surga, Pernah Dibaca Asiyah Istri Firaun 

Asiyah istri Firaun dikenal sebagai sosok yang salehah

Rep: Andrian Saputra, Imas Damayanti  / Red: Nashih Nashrullah
Asiyah istri Firaun dikenal sebagai sosok yang salehah hingga berdoa agar diberikan rumah di surga karena kegigihannya bertauhid.
Foto: EPA-EFE/FAROOQ KHAN
Asiyah istri Firaun dikenal sebagai sosok yang salehah hingga berdoa agar diberikan rumah di surga karena kegigihannya bertauhid.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Orang-orang yang bertakwa akan merasakan kebahagian ketika digiring masuk ke dalam surga. Mereka disambut oleh para malaikat di pintu-pintu surga. Mereka masuk dengan saling mengucapkan salam. Di dalamnya para penghuni surga mendapatkan segala yang diinginkannya. Bagi mereka diberikan kenikmatan yang abadi. 

Dalam banyak hadits nabi Muhammad SAW digambarkan kenikmatan-kenikmatan yang akan dirasakan oleh para penghuni surga seperti bangunan-bangunan tempat tinggal para penghuni surga yang begitu indah dan megah terbuat dari emas dan perak, tanahnya mutiara dan permata.

Baca Juga

Para penghuni surga disediakan makanan minuman buah-buahan dan segala yang diinginkannya termasuk para bidadari. Namun yang paling nikmat bagi para penghuni surga adalah ketika melihat dzat Allah SWT. 

Ada sebuah doa dalam Alquran surat At Tahrim ayat 11 yang isinya memohon kepada Allah SWT agar memasukan kita ke surgaNya dan membangunkan rumah di surgaNya. Berikut doanya:

رَبِّ ابْنِ لِيْ عِنْدَكَ بَيْتًا فِى الْجَنَّةِ

Robbibni liy 'indaka baytan fil jannati

"Ya Tuhanku, bangunkanlah untukku sebuah rumah di sisi-Mu dalam surga." 

Doa ini pernah dibaca Asiyah binti Muzahim yakni istri Firaun. Aisyah beriman kepada Allah SWT dan mengakui kerasulan Nabi Musa alaihisalam. Sekalipun Asiyah berada di bawah pengawasan suaminya yang menjadi musuh Allah SWT yang sangat berbahaya, tetapi Asiyah tetap beriman. 

Figur salehah

Istri Firaun Asiyah binti Muzahim nyatanya merupakan pribadi yang salehah. Kesalehan Asiyah binti Muzahim salah satunya dapat dilihat dari indikator latar belakangnya.

Lantas siapakah wanita mulia ini? Zamaksyari dalam kitabnya berjudul Al-Kasyaf menyebut Asiah binti Muzahim merupakan istri Mush’ab Al-Rayyan atau biasa dikenal dengan sebutan Firaun. Menurut sebagian riwayat, Firaun merupakan sepupu Asiah binti Muzahim.

Terlepas dari hal itu, perlu diakui Asiyah binti Muzahim merupakan seorang wanita pilihan yang suci. Disebutkan juga nyatanya Asiyah merupakan putri keturunan para nabi sekaligus seseorang yang memegang teguh tali tauhid.

Baca juga: 6 Fakta Seputar Saddam Hussein yang Jarang Diketahui, Salah Satunya Anti Israel  

Asiyah merupakan pribadi yang gemar berderma, mencintai orang-orang miskin, dan berpihak kepada orang-orang yang lemah. Dirinya bahkan kerap menghabiskan waktu untuk mengingat Allah SWT dan menyucikan-Nya.

Asiyah secara diam menyembunyikan keimanannya terhadap ajaran tauhid dari Firaun. Sebab, Firaun merupakan penguasa tiran yang kufur kepada Allah SWT lagi kejam.

Maka tak heran ketika ia menemukan keranjang Nabi Musa bayi, hatinya terenyuh dan mengambilnya sebagai anak asuh sekaligus kelak sangat mempercayai ajaran yang dibawa anak asuhnya tersebut.   

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement