Kamis 02 Feb 2023 05:07 WIB

Tafsir Tiga Ayat Terakhir Surat Al Baqarah

Alam semesta dan segala isinya adalah milik Allah SWT.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Santri melakukan tadarus Alquran. Tafsir Tiga Ayat Terakhir Surat Al Baqarah
Foto:

Surat Al Baqarah Ayat 285

اٰمَنَ الرَّسُوْلُ بِمَآ اُنْزِلَ اِلَيْهِ مِنْ رَّبِّهٖ وَالْمُؤْمِنُوْنَۗ  كُلٌّ اٰمَنَ بِاللّٰهِ وَمَلٰۤىِٕكَتِهٖ وَكُتُبِهٖ وَرُسُلِهٖۗ  لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ اَحَدٍ مِّنْ رُّسُلِهٖ ۗ وَقَالُوْا سَمِعْنَا وَاَطَعْنَا غُفْرَانَكَ رَبَّنَا وَاِلَيْكَ الْمَصِيْرُ

Rasul (Nabi Muhammad SAW) beriman pada apa (Alquran) yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian pula orang-orang mukmin. Masing-masing beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab kitab-Nya, dan Rasul-rasul-Nya. (Mereka berkata,) “Kami tidak membeda-bedakan seorangpun dari Rasul-rasul-Nya.” Mereka juga berkata, “Kami dengar dan kami taat. Ampunilah kami, wahai Tuhan kami. Hanya kepada-Mu tempat (kami) kembali.” (QS Al-Baqarah: 285)

Ayat 285 ini menurut Tafsir Al-Muyassar atau Kementerian Agama Arab Saudi menjelaskan bahwa Rasulullah SAW membenarkan dan meyakini (kebenaran) wahyu yang di wahyukan kepadanya dari Tuhannya, dan kaum mukminin pun demikian juga, mereka meyakini kebenarannya dan mengamalkan isi Alquran. Masing-masing dari mereka mengimani Allah sebagai Tuhan dan sembahan yang memiliki sifat-sifat keagungan dan kesempurnaan, dan mengimani sesungguhnya Allah memiliki malaikat-malaikat yang mulia, Dia menurunkan kitab-kitab suci dan mengutus Rasul-rasul kepada makhluk-Nya. Kami (kaum mukminim), tidak mengimani sebagian dari mereka saja, dan mengingkari sebagian yang lain. Akan tetapi kami mengimani mereka semuanya. Rasul dan kaum mukminin mengatakan, ”kami mendengar wahai Tuhan kami, apa yang Engkau wahyukan, dan kami taat dalam setiap ketetapan. Kami berharap Engkau sudi mengampuni dosa-dosa kami dengan kemurahan-Mu. Engkaulah dzat yang mengurus kami dengan karunia yang Engkau limpahkan kepada kami, dan hanya kepada-Mu lah tempat kembali dan tempat kesudahan kami."

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement