Jumat 23 Dec 2022 05:13 WIB

Naskah Khutbah Jumat: Tiga Jebakan Dunia

Harta merupakan salah satu ujian yang terdahsyat bagi manusia.

Naskah Khutbah Jumat: Tiga Jebakan Dunia
Foto:

Jamaah Jum’ah yang berbahagia

Ketiga, Fitnah Wanita. Di setiap zaman akan kita jumpai bukti nyata bahwa salah satu ujian terberat bagi manusia adalah ujian dari lawan jenis. Ahli ibadah pun juga ada yang terpeleset karena godaan lawan jenis. Perdamaian dan peperangan juga bisa timbul karena dipicu oleh lawan jenis. Rasulullah saw bersabda,

مَا تَرَكْتُ بَعْدِي ‌فِتْنَةً ‌أَضَرَّ ‌عَلَى الرِّجَالِ مِنَ النِّسَاءِ

“Aku tidak meninggalkan ujian sesudahku yang lebih berbahaya bagi kaum laki-laki selain dari wanita.” (HR. Al-Bukhari)

Rasulullah saw bersabda dalam hadits lain,

فَاتَّقُوا الدُّنْيَا، وَاتَّقُوا النِّسَاءَ فَإِنَّ أَوَّلَ فِتْنَةِ بَنِي إِسْرَائِيلَ كَانَتْ فِي النِّسَاءِ

“Maka berhati-hatilah terhadap dunia dan wanita, karena fitnah yang pertama kali terjadi pada Bani Israil adalah karena wanita.” (HR. Muslim)

Bukan bermaksud merendahkan harkat dan martabat wanita, karena sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita yang salehah. Hanya saja, ketika dalam keadaan kaya dan berpamgkat, seseorang terkadang lupa dan sulit menahan diri dari nafsu syahwat terhadap lawan jenis. Cerita tergelincirnya seseorang ke dalam jurang kehancuran karena wanita sudah sering kita dengar.

Jamaah Jum’ah yang berbahagia

Tidak dapat disangkal bahwa fitnah harta, tahta, dan wanita adalah ujian yang teramat berat. Maka jangan pernah sedikitpun kita menyepelekan tiga fitnah tersebut. Kita tidak tahu, ada di antara fitnah harta, tahta, dan wanita tersebut, mana yang akan Allah SwT timpakan kepada kita. Bahkan bukan mustahil dalam satu waktu sekaligus Allah SwT menimpakan kita dengan tiga fitnah tersebut. Hal yang harus kita lakukan yaitu selalu membentengi diri dengan iman yang kokoh agar kita tidak gampang terombang-ambing saat Allah SwT menguji kita dengan badai fitnah dari harta, takhta dan wanita tersebut.

بَارَكَ اللهُ لِي وَلَكُمْ فِي القُرْأنِ العَظِيْمِ وَنَفَعَنِي وَاِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ ال اَيَاتِ وَ ذِكْرِالحَكِيْمِ وَ تَقَبَّلَ اللهُ مِنِّي وَمِنْكُمْ تِلَاوَتَهُ اِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ العَلِيْمِ

Baca juga : BPKH Melalui Baznas Menyalurkan Dana Kemaslahatan Berupa Pengadaan Mobil Niaga

sumber : https://suaramuhammadiyah.id/2022/12/16/tiga-jebakan-dunia/
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement