Keutamaan Surat Al Mulk, ini Penjelasannya

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko

 Kamis 23 Jun 2022 23:11 WIB

Alquran Foto: Republika/Agung Supriyanto Alquran

Begitu besarnya keutamaan Surat Al-Mulk.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Begitu besarnya keutamaan Surat Al-Mulk, hingga Rasulullah SAW bersabda tentang balasan kepada mereka yang membaca Surat Al-Mulk pada setiap malam. Dari Abdullah bin Masud, dia berkata bahwa "Siapa yang membaca surat Tabarak setiap malam, Allah akan melindunginya dari siksa kubur. Dan kami pada masa Rasulullah SAW menamakannya sebagai Surat Pelindung karena memberikan perlindungan dari kejahatan dan menyelamatkan dari azab, siksa kubur dan pada waktu Hari Kiamat kelak.

Lantas bagaimana agar seorang Muslim mengambil manfaat dari Surat Al-Mulk? Dilansir Elbalad, Rabu (22/6), beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mendapat manfaat dari Surat Al-Mulk yaitu pertama dengan menjalankan hukum-hukum yang terkandung di dalamnya. Seorang Muslim harus memelajari hukum-hukum dala surat tersebut, dan mengamalkannya.

Baca Juga

Termasuk juga belajar dari kisah-kisah dalam surat ini, mengikuti perintah-perintahnya, kemudian dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari, dan menjauhi segala larangan.

Kedua yakni dengan beriman terhadap apa yang dikandung di dalam surat Al-Mulk. Ketiga, membaca Surat Al-Mulk pada setiap malam. Karena dengan membacanya akan memberi pahala dan rahmat yang besar dan memberikan perlindungan dari kejahatan.

Nabi Muhammad SAW ingin agar setiap Muslim menyimpan surat tersebut di dalam hatinya. Dalam hadits riwayat Imam Thabrani dari Ibnu Abbas, Rasulullah SAW bersabda, "Sungguh aku menginginkan bila surat (Al-Mulk) ini dihafal di dalam kalbu setiap umatku."

Dalam riwayat Turmudzi, dari Jabir, disebutkan bahwa Rasulullah masih belum tidur sebelum membaca Alif Lam Mim Tanzil (Surat As-Sajdah) dan Tabarakal Lazi Biyadihil Mulku (Al-Mulk).

Sumber: https://www.elbalad.news/5328978

Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id