Doa Agar Bayi di Dalam Kandungan Sehat dan Aman

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah

 Kamis 16 Jun 2022 23:19 WIB

Sejumlah peserta ibu hamil antre sebelum disuntik vaksin COVID-19 di Mahligai Pancasila, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Rabu (8/9/2021). Doa Agar Bayi di Dalam Kandungan Sehat dan Aman Foto: ANTARA/BAYU PRATAMA S Sejumlah peserta ibu hamil antre sebelum disuntik vaksin COVID-19 di Mahligai Pancasila, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Rabu (8/9/2021). Doa Agar Bayi di Dalam Kandungan Sehat dan Aman

Memperbanyak doa bagi orang tua yang mengalami masa kehamilan merupakan anjuran.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memperbanyak doa bagi orang tua yang sedang mengalami masa kehamilan merupakan anjuran agama yang ditekankan. Sebab kondisi janin di dalam rahim ibu--meski dapat dicek berkala secara medis--namun tidak seluruh kesehatan janin dapat diketahui dengan mutlak. 

Dokter ginekologi Imam Rasjidi menjelaskan kondisi janin di dalam rahim ibu dapat berubah-ubah berdasarkan sejumlah faktor yang mempengaruhinya. Bisa karena pola makan, pola gerak dan aktivitas ibu, atau bahkan kelainan yang terjadi di dalam kandungan pada janin. 

Baca Juga

Untuk itu sebaiknya, selain memeriksakan kandungan secara rutin ke dokter, ibu hamil ditekankan untuk memperbanyak doa. Berikut doa agar janin di dalam kandungan sehat dan aman.

Doa Agar Bayi di Dalam Kandungan Sehat dan Aman

"Bismillahirrahmanirrahim. Allahummahfidz maa fii bathni wasyfii antasy-syaafii wa'aafihi antalmu'aafii washowwirhu shuurota jamiilata hasanata waj'alhu sholihan kaamilan aaliman aaqilan haadziqon saaidan ghoniyyan muwaffaqon lil-khoirati waazauron lil-baitil haroomi. Allahummaj'alhu waladan solihan yad'uu liwaliidihi. 

Allahumma athil umurohuu fiith-thoo'ati wa shohiih jasadahu wa hassin kholqohu wa afsih lisaanatu wa ahsin shownauu wa ghonaaahu wal-akhirotu qurani wal-hadisi warzuqhul aafiyata fiddunya wal-akhiroti birohmatika ya arhamarrohimin,". 

Yang artinya, "Dengan nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Wahai Tuhanku, jagalah apa yang terkandung dalam perutku, sembuhkanlah ia karena Engkaulah Zat Penyembuh, sejahterakanlah ia karena Engkau adalah Zat yang menyejahterakan, dan bentuklah ia dengan bentuk yang bagus dan baik, jadikanlah ia dalam keadaan yang sehat-sesehatnya, menjadi orang yang berilmu dan beramal, menjadi orang yang berakal dan cerdas, menjadi orang yang bahagia kaya lagi mengunjungi tanah Haram (Makkah). 

Wahai Tuhanku, jadikanlah ia anak yang shaleh yang mau mendoakan kedua orang tuanya, berbakti kepada orang tuanya, dan taat kepada-Mu serta utusan-Mu. Wahai Tuhanku, panjangkanlah umurnya dalam menjalankan ketaatan, sehatkanlah tubuhnya, baguskanlah kejadiannya dan budi pekertinya, fasihkanlah lisannya, merdukanlah suaranya dan iramanya, dan berilah ia rezeki kesejahteraan di dunia dan akhirat, dengan rahmat-Mu wahai Zat yang paling Belas Kasih di antara semua yang belas kasih,". 

Doa ini merupakan amalan yang sangat berguna. Apabila seorang wanita sedang mengandung dan membiasakan diri membaca doa ini setiap selesai mengerjakan sholat fardhu, ia akan dilindungi dari bahaya. Baik bahaya selama mengandung maupun waktu melahirkan bayi nantinya. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id