Jumat 15 Apr 2022 06:08 WIB

Naskah Khutbah Jumat: Perjanjian Allah dengan Bani Israil

Sebagian besar Bani Israil Ingkar kepada Allah.

Naskah Khutbah Jumat: Perjanjian Allah dengan Bani Israil
Foto:

Ma’asyiral muslimin rahimakumullah

Ketika Allah mengambil janji kepada Bani Israil sebagian besar mereka justru ingkar. Hanya sebagian kecil dari mereka yang menepati janji kepada Allah. Perkara-perkara yang diingatkan Allah kepada Bani Israil dalam ayat ini juga diperintahkan kepada semua manusia umat Nabi Muhammad saw.

Pertama, ibadah kepada Allah semata tanpa sekutu bagi-Nya (لَا تَعْبُدُونَ إِلَّا اللَّهَ)

Ibadah kepada Allah semata merupakan bukti aqidah yang benar. Ibnu Katsir menjelaskan bahwa ini adalah hak yang paling tinggi dan paling agung, yaitu hak Allah SwT untuk disembah sendirian tanpa disekutukan dengan apapun. Kata Az-Zamakhsyari pengarang Tafsir al-Kasyaf menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan firman Allah لَا تَعْبُدُونَ إِلَّا اللَّهَ adalah perintah. Jadi kalimat ini berbentuk berita tetapi maknanya perintah, perintah yang disampaikan dengan cara demikian lebih kuat.

Kedua, berbuat baik kepada kedua orang tua (وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا). Ini disebutkan setelah hak Allah sebab di antara hak-hak seluruh makhluk yang paling kuat dan paling utama adalah hak orang tua. “….Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.” (QS. Luqman: 14)

sumber : Suara Muhammadiyah
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement