Jumat 15 Apr 2022 06:08 WIB

Naskah Khutbah Jumat: Perjanjian Allah dengan Bani Israil

Sebagian besar Bani Israil Ingkar kepada Allah.

Naskah Khutbah Jumat: Perjanjian Allah dengan Bani Israil
Foto:

Keenam, mengucapkan perkataan baik, bersikap santun dan menampilkan wajah yang

berseri. Ucapan yang baik punya efek yang ampuh untuk jiwa, yaitu terciptanya solidaritas etika atau akhlak di antara sesama manusia. Allah berfirman dalam ayat di atas وَقُولُوا لِلنَّاسِ حُسْنًا yang artinya ucapkanlah kata-kata yang baik kepada sesama manusia, bukan hanya kepada saudara-saudaramu saja. Ini menunjukkan bahwa perintah berbuat baik ini berlaku umum, mencakup seluruh manusia. Nabi saw pernah bersabda:

لَا تَحْقِرَنَّ مِنَ الْمَعْرُوفِ شَيْئًا، وَلَوْ أَنْ تَلْقَى أَخَاكَ بِوَجْهٍ طَلْقٍ

“Janganlah engkau meremehkan kebaikan sedikitpun, meskipun hanya dengan bertemu dengan saudaramu dengan wajah yang berseri”. (H.R. Muslim no 2626).

Ketujuh, Mendirikan shalat dan membayar zakat (وَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ)

Shalat adalah tiang agama, jalan untuk mencapai ketakwaan, penghubung dengan Allah dan cara untuk menjauhkan diri dari perbuatan keji dan mungkar. Akan tetapi syaratnya adalah shalat itu harus dilaksanakan dengan ikhlas dan penuh dengan kekhusukan kepada keagungan Allah. Oleh karenanya kalimatnya adalah “Aqiimusshalat” (tegakkanlah shalat) bukan “amilusshalat” (kerjakanlah shalat). Sedangkan pembayaran zakat merupakan hal yang vital untuk memperbaiki keadaan masyarakat.

أَقُوْلُ قَوْلِي هَذَا َوَاسْتَغْفِرُ اللهَ لِي وَلَكُمْ وَلِسَائِرِ المُسْلِمِيْنَ إِنَّهُ هُوَ السَمِيْعُ العَلِيْمُ

Khutbah Kedua

الحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالمِيْنَ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى أَشْرَافِ الأَنْبِيَاءِ وَالمرْسَلِيْنَ نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ. إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيماً اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ، إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ. وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ، إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ. اللهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالمسْلِمَاتِ وَالمؤْمِنِيْنَ وَالمؤْمِنَاتِ الأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالأَمْوَاتِ .اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ إِيمَاناً لاَ يَرْتَدُّ وَنَعِيماً لاَ يَنْفَدُ وَمُرَافَقَةَ نَبِيِّكَ مُحَمَّدٍ -صلى الله عليه وسلم- فِى أَعَلَى جَنَّةِ الْخُلْدِ .رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا .رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ .وَصَلَّى اللهُ عَلَى نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ و َمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدّيْن .وَآخِرُ دَعْوَانَا أَنِ الْحَمْدُ لله رَبِّ الْعَالَمِيْنَ.

Link artikel asli

sumber : Suara Muhammadiyah
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement