Benarkah Alfatihah Bukan Surah Pertama yang Diturunkan?

Red: Achmad Syalaby

 Sabtu 30 Apr 2022 21:20 WIB

Salah satu bagian mushaf Alquran karya Yahya Hilmi Efendi Foto: Republika/Rakhmawaty La Seorang jamaah membaca ayat Alquran melalui smartphone.

Benarkah Alfatihah Bukan Surah Pertama yang Diturunkan?

Salah seorang ulama, Syekh Muhammad Abduh berpendapat bahwa Alfatihah merupakan wahyu pertama yang diterima Nabi Muhammad SAW, bahkan sebelum turunnya Iqra. Muhammad Abduh berpijak dari sebuah riwayat yang nilainya tidak shahih dari al-Baihaqi dan argumen logika. 

Ada kebiasaan Allah menyangkut penciptaanmaupun penetapan hukum, yaitu memulainya secara umum dan global. Kemudian disusul dengan rincian secara bertahap.

Abduh berpendapat, surah Alfatihah sebagai wahyu pertama merupakan penerapan sunah tersebut. Alquran turun menguraikan persoalan tauhid, janji dan ancaman, ibadah yang menghidupkan tauhid, penjelasan tentang jalan kebahagiaan di dunia dan di akhirat dan cara mencapainya, kemudian pemberitaan atau kisah generasi terdahulu. 

Kata Quraish, kelima pokok tersebut ada di dalam tujuh ayat surah Alfatihah. Quraish berpendapat, alasan Abduh tidak diterima mayoritas ulama. Uraian Abduh yang berdasarkan logika dapat diterima, tetapi bukan dalam konteks membuktikan turunnya Alfatihah mendahului Iqra. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id