Selasa 08 Oct 2024 19:06 WIB

Surat Maryam Membuat Mereka Menangis: Najasyi, Uskup, Hingga Ibnu Al-Mubarak Sekeluarga

Surat Maryam mempunyai sejumlah keutamaan

Ilustrasi. Surat Maryam mempunyai sejumlah keutamaan
Foto: republika
Ilustrasi. Surat Maryam mempunyai sejumlah keutamaan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Surat Maryam mempunyai sejumlah keutamaan, salah satunya adalah maknanya yang mendalam hingga mampu membuka mata hati seseorang sampai meneteskan air mata. Keutamaan surat ini sebagaimana dijelaskan dalam kisah berikut:

جاء في فضائل هذه السورة ما رواه الإمام أحمد من حديث أم سلمة رضي الله عنها في قصة هجرتهم إلى الحبشة و النجاشي، وفيه: أنه دعا أساقفته، فنشروا مصاحفهم حوله، وقالوا لجعفر بن أبي طالب رضي الله عنه: هل معك مما جاء به -يعني النبي صلى الله عليه وسلم من شيء؟ قال جعفر: نعم، فقال له النجاشي: فاقرأه عليَّ، فقرأ عليه صدراً من {كهيعص}، قالت: فبكى -والله- النجاشي، حتى أخضلت لحيته، وبكت أساقفته، حتى أخضلوا مصاحفهم، حين سمعوا ما تلا عليهم. ثم قال النجاشي: والله إن هذا والذي جاء به موسى عليه السلام ليخرج من مشكاة واحدة.

Baca Juga

وروى ابن المبارك بسنده، قال: لما نزلت هذه الآية: {وإن منكم إلا واردها} (مريم:71)، ذهب ابن رواحة إلى بيته، فبكى، فجاءت امرأته فبكت، وجاءت الخادمة فبكت، وجاء أهل البيت، فجعلوا يبكون، فلما انقضت عَبْرته قال: يا أهلاه! ما يبكيكم؟ قالوا: لا ندري، ولكنا رأيناك بكيت، فبكينا، قال: آية نزلت على رسول الله صلى الله عليه وسلم، ينبئني فيها ربي أني وارد النار، ولم ينبئني أني أصدر عنها. (صَدَر عن المكان: رجع وانصرف).

Diriwayatkan oleh Imam Ahmad dari hadits Ummu Salamah radhiyallahu 'anha tentang kisah hijrahnya mereka ke Habasyah dan Najasyi:

Dia memanggil para uskupnya, dan mereka membentangkan kitab suci merekadi sekelilingnya, dan berkata kepada Ja'far bin Abi Thalib raḍiyallāhu 'anhu, “Apakah kamu memiliki sesuatu dari apa yang dibawa oleh Rasulullah ṣallallāhu 'alaihi wa sallam?”

Ja'far menjawab, “Ya.” Najasyi berkata, "Maka bacakanah dia untukku." Ja'far pun membaca awal dari surat Maryam (Kaaf Haa Yaa Aiin Shaad). Ummu Salamah mengatakan, “Demi Allah, Najasyi menangis hingga jenggotnya basah dan para uskupnya menangis hingga lebaran-lembaran kitab suci mereka basah ketika mendengar apa yang dibacakan untuk mereka.”

Najasyi berkata, “Demi Allah, ini dan apa yang dikeluarkan oleh Musa 'alaihis salam keluar dari ceruk yang sama."

photo
Infografis fakta unik Alquran - (Republika )

Ibnu al-Mubarak meriwayatkan dengan isnadnya bahwa ketika ayat ini diturunkan: “Dan tidak ada seorang pun di antara kalian kecuali orang-orang yang akan memasukinya.” (QS Maryam: 71), maka Ibnu Rawahah masuk ke dalam rumahnya lalu menangis, lalu istrinya pun menangis, lalu pembantunya pun menangis, lalu orang-orang yang ada di rumah itu pun menangis, lalu setelah selesai menangis, ia pun berkata, “Wahai kaumku! Apa yang kalian tangisi?” Mereka menjawab, ‘Kami tidak tahu, tetapi kami melihatmu menangis, maka kami pun menangis.’

Ibnu Al-Mubarak menjelaskan, ”Ayat itu adalah ayat yang diturunkan kepada Rasulullah SAW, sebuah ayat yang di dalamnya Tuhanku memberitahukan kepadaku bahwa aku akan masuk neraka dan tidak akan keluar darinya." (makna kata صَدَر عن المكان adalah pulang dan pergi). 

Surat Maryam...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement