Rabu 18 Sep 2024 07:05 WIB

Tinggi Nabi Adam 37 Meter? Hadits Ini Ungkap Faktanya dan Dibenarkan Sains Modern

Tinggi Nabi Adam di atas rata-rata manusia sekarang

Ilustrasi Sahabat Nabi. Tinggi Nabi Adam di atas rata-rata manusia sekarang
Foto: MgIt03
Ilustrasi Sahabat Nabi. Tinggi Nabi Adam di atas rata-rata manusia sekarang

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Allah SWT menciptakan postur tubuh umat manusia berbeda-beda. Bahkan sejak Nabi Adam AS.

Sebuah riwayat menyebut tentang tinggi Nabi Adam alaihissalam. Disebutkan bahwa tingginya mencapai 60 dzira’ hasta, atau sekitar 37 meter dalam ukuran saat ini. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam riwayat berikut:

Baca Juga

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ رَافِعٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّزَّاقِ أَخْبَرَنَا مَعْمَرٌ عَنْ هَمَّامِ بْنِ مُنَبِّهٍ قَالَ هَذَا مَا حَدَّثَنَا بِهِ أَبُو هُرَيْرَةَ عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَذَكَرَ أَحَادِيثَ مِنْهَا وَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ خَلَقَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ آدَمَ عَلَى صُورَتِهِ طُولُهُ سِتُّونَ ذِرَاعًا فَلَمَّا خَلَقَهُ قَالَ اذْهَبْ فَسَلِّمْ عَلَى أُولَئِكَ النَّفَرِ وَهُمْ نَفَرٌ مِنْ الْمَلَائِكَةِ جُلُوسٌ فَاسْتَمِعْ مَا يُجِيبُونَكَ فَإِنَّهَا تَحِيَّتُكَ وَتَحِيَّةُ ذُرِّيَّتِكَ قَالَ فَذَهَبَ فَقَالَ السَّلَامُ عَلَيْكُمْ فَقَالُوا السَّلَامُ عَلَيْكَ وَرَحْمَةُ اللَّهِ قَالَ فَزَادُوهُ وَرَحْمَةُ اللَّهِ قَالَ فَكُلُّ مَنْ يَدْخُلُ الْجَنَّةَ عَلَى صُورَةِ آدَمَ وَطُولُهُ سِتُّونَ ذِرَاعًا فَلَمْ يَزَلْ الْخَلْقُ يَنْقُصُ بَعْدَهُ حَتَّى الْآنَ

Telah menceritakan kepada kami [Muhammad bin Rafi'] telah menceritakan kepada kami [Abdurrazzaq] telah mengkhabarkan kepada kami [Ma'mar] dari [Hammam bin Munabbih] berkata: Inilah yang diceritakan oleh [Abu Hurairah] kepada kami dari Rasulullah SAW, ia menyebut beberapa hadits di antaranya, “Rasulullah SAW bersabda, “Allah 'azza wajalla menciptakan Adam seperti wujudnya, panjangnya enampuluh dzira. Setelah menciptakannya, Allah berfirman, 'Pergilah lalu ucapkan salam pada mereka itu, mereka adalah kelompok malaikat yang tengah duduk lalu dengarkan jawaban mereka, itulah salammu dan salam keturunanmu."

Beliau bersabda, "Adam pergi lalu mengucapkan: 'Assalamualaikum? ' Mereka menjawab, 'Assalamualaikum wa rahmatullah'." Beliau bersabda, "Mereka menambahi, 'Warahmatullah." Beliau bersabda, "Setiap orang yang masuk surga wujudnya seperti Adam, panjangnya enampuluh dzira' dan setelahnya (Adam) postur tubuh (manusia) terus berkurang hingga sekarang." (HR Muslim, No 5075)

Al-Hafizh Ibnu Hajar dalam Fath al-Bari (6/367) berkata, “Yakni, setiap abad (tinggi manusia) lebih pendek dari abad sebelumnya, sehingga penurunan ketinggian itu berakhir pada umat ini dan stabil hingga sekarang."

Wajib bagi Muslim untuk beriman kepada setiap informasi yang datang dari Alquran dan Hadits sahih dari Rasulullah SAW.

Ibnu Quddamah al-Maqdisi, menukilkan pernyataan Imam Syafi'i rahimahullah berkata, “Aku beriman kepada Allah dan apa yang datang dari Allah sesuai dengan kehendak Allah, dan aku beriman kepada Rasulullah dan apa yang datang dari Rasulullah sesuai dengan kehendak Rasulullah. (Lihat Al-Irsyad Syarah Lama'ah al-I'tiqad, hal. 89).

Lengan adalah salah satu ukuran panjang yang sah, karena umat Islam memiliki timbangan dan ukuran panjang yang berbeda dengan zaman sekarang.

Imam al-Faqih Muhammad bin Ahmad bin Abdul Bari al-Ahdal (1242-1298 H) menyebutkannya secara rinci dalam kitabnya Ifadah as-Sadah al-Umd bi Taqrir Ma'ani Nudzhum az-Zabad.

BACA JUGA: Media Barat Ini Bongkar Praktik Kawin Kontrak Alias Nikah Mutah di Puncak, Begini Faktanya

Beberapa informasi tentang satu lengan atau hasta (dzira') dalam lampiran timbangan, ukuran, dan panjang menurut imam mazhab adalah sebagai berikut adalah sebagai berikut:

  • Mazhab Hanafi sama dengan 46,375 sentimeter
  • Mazhab Maliki sama dengan 53 sentimeter
  • Mazhab Syafi'i dan Hanbali sama dengan 61,834 sentimeter

Setelah melakukan persamaan matematika sederhana, ternyata tinggi Adam adalah (60 lengan x 61,834 cm = 3710,04 cm), yang setara dengan (37,1004 meter). Dengan kata lain, tinggi Adam adalah sekitar tiga puluh tujuh meter (37 meter).

Adapun lebar Adam adalah (7 cm x 61,834 cm = 432,838 cm), yang setara dengan (4,32838 m). Dengan kata lain, lebar Adam adalah sekitar empat meter (4 m).

Di sisi lain...

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement