Sabtu 14 Sep 2024 10:44 WIB

Bumi Punya 7 Lapisan Berbeda, Begini Isyarat Alquran 14 Abad Silam dan Pembuktiannya

Alquran mempunyai sejumlah rahasia bumi yang belum terungkap

Planet bumi (ilustrasi). Alquran mempunyai sejumlah rahasia bumi yang belum terungkap
Foto: www.freepik.com
Planet bumi (ilustrasi). Alquran mempunyai sejumlah rahasia bumi yang belum terungkap

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Para ilmuwan masih mengetahui sedikit sekali tentang rahasia bumi ini, karena mereka hanya mampu menembus ke bagian dalamnya hingga kedalaman tidak lebih dari 13 kilometer, padahal diameter bumi lebih dari 12,7 ribu kilometer, yang berarti mereka hanya menembus jarak yang diperkirakan hanya seperseribu dari diameter bumi!

Mereka menekankan ketidakmungkinan untuk menembus lapisan bumi dan mengetahui komposisi yang sebenarnya, dan alasannya adalah karena suhu meningkat secara dramatis dengan kedalaman, dan tekanan meningkat dengan luar biasa, dan tidak ada mesin yang dapat menahan panas atau tekanan seperti itu, tidak peduli seberapa padatnya.

Baca Juga

Allah berfirman dalam Surat at-Talaq ayat 12, menjelaskan bahwa bumi memiliki tujuh lapisan berbeda.

اللَّهُ الَّذِي خَلَقَ سَبْعَ سَمَاوَاتٍ وَمِنَ الْأَرْضِ مِثْلَهُنَّ يَتَنَزَّلُ الْأَمْرُ بَيْنَهُنَّ لِتَعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ وَأَنَّ اللَّهَ قَدْ أَحَاطَ بِكُلِّ شَيْءٍ عِلْمًا

“Allah-lah yang menciptakan tujuh langit dan seperti itu pula bumi. Perintah Allah berlaku padanya, agar kamu mengetahui bahwasanya Allah Mahakuasa atas segala sesuatu, dan sesungguhnya Allah ilmu-Nya benar-benar meliputi segala sesuatu.”

Tetapi ketika para ilmuwan mulai menjelajahi kedalaman bumi dan melakukan upaya untuk mengetahui rahasia struktur dan komposisinya.

Mereka menemukan bahwa mitos dan legenda yang berlaku di zaman sebelumnya tidak memiliki dasar ilmiah, dan setelah para ilmuwan menemukan bahwa bumi adalah sebuah bola, mereka berpendapat bahwa bagian dalam bola ini terdiri dari nukleus.

Permukaan bumi adalah kerak yang sangat tipis dibandingkan dengan ukuran bumi, dan di antara keduanya terdapat lapisan ketiga, mantel, dan dengan demikian para ilmuwan abad ke-20 memutuskan bahwa bumi hanya terdiri dari tiga lapisan.

Namun teori tiga lapisan bumi tidak bertahan lama karena penemuan baru dalam ilmu bumi, karena pengukuran dan pengujian modern menunjukkan bahwa materi di inti bumi memiliki tekanan yang sangat besar yaitu lebih dari 3 juta kali tekanan di permukaan bumi, dan di bawah tekanan ini, materi akan berubah menjadi padat, yang berarti inti bumi sangat padat!

 

photo
Infografis fakta unik Alquran - (Republika )

Inti bumi dikelilingi oleh lapisan cair dengan suhu yang sangat tinggi, dan ini juga berarti bahwa ada dua lapisan di bagian dalam bumi, bukan hanya satu lapisan, yaitu lapisan padat di bagian tengah yang dikelilingi oleh lapisan cair.

BACA JUGA: Media Barat Ini Bongkar Praktik Kawin Kontrak Alias Nikah Mutah di Puncak, Begini Faktanya

Kemudian alat pengukuran berkembang dan menunjukkan kepada para ilmuwan perbedaan yang jelas antara bagian dalam bumi, jadi jika kita turun ke bawah kerak bumi, kita melihat lapisan batuan berapi, litosfer, dan kemudian tiga lapisan lain yang berbeda dalam hal kepadatan, tekanan, dan suhu.

Oleh karena itu, para ilmuwan mendapati diri mereka mengklasifikasikan lapisan-lapisan bumi menjadi tujuh lapisan, dan tidak mungkin lebih dari itu, dan gambar terlampir menunjukkan lapisan-lapisan ini dengan dimensinya sesuai dengan apa yang baru-baru ini ditemukan oleh para ilmuwan, yang merupakan salah satu fakta tertentu yang mereka ajarkan kepada para siswa mereka di universitas, dan yang mereka saksikan melalui seismometer dan dari studi teoritis tentang medan magnet bumi dan lainnya.

Para ilmuwan...

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement