Selasa 30 Jul 2024 14:19 WIB

Viral Lagu Gala Bunga Matahari, Ternyata Surga tak Hanya Dilintasi Sungai Susu

Surga juga dialiri sungai dari khamr dan madu yang disaring.

Sal Priadi
Foto: Tangkapan layar Instagram
Sal Priadi

REPUBLIKA.CO.ID, Lagu Sal Priadi berjudul Gala Bunga Matahari mendapat banyak apresiasi dan diulas di dunia maya. Lagu yang bercerita tentang kerinduan seseorang kepada dia yang sudah meninggal ini terinspirasi dari beberapa ayat Alquran yang menggambarkan tentang surga. Berikut kutipan lirik dari lagu tersebut yang dikutip dari akun Youtube Visioneight.

Mungkinkah, mungkinkah

Baca Juga

Mungkinkah kau mampir hari ini?

Bila tidak mirip kau

Jadilah bunga matahari

Yang tiba-tiba mekar di taman

Meski bicara dengan bahasa tumbuhan

Ceritakan padaku

Bagaimana tempat tinggalmu yang baru

Adakah sungai-sungai itu benar-benar

Dilintasi dengan air susu?

Juga badanmu tak sakit-sakit lagi

Kau dan orang-orang di sana muda lagi

Semua pertanyaan, temukan jawaban

Hati yang gembira, sering kau tertawa

Benarkah orang bilang

Ia memang suka bercanda?

Salah satu kutipan dari ayat Alquran bercerita tentang sungai-sungai yang mengalir di dalam surga. Diantaranya, yakni tertera dalam QS Muhammad ayat 15.

مَثَلُ الْجَنَّةِ الَّتِي وُعِدَ الْمُتَّقُونَ فِيهَا أَنْهَارٌ مِنْ مَاءٍ غَيْرِ آسِنٍ وَأَنْهَارٌ مِنْ لَبَنٍ لَمْ يَتَغَيَّرْ طَعْمُهُ وَأَنْهَارٌ مِنْ خَمْرٍ لَذَّةٍ لِلشَّارِبِينَ وَأَنْهَارٌ مِنْ عَسَلٍ مُصَفًّى وَلَهُمْ فِيهَا مِنْ كُلِّ الثَّمَرَاتِ وَمَغْفِرَةٌ مِنْ رَبِّهِمْ كَمَنْ هُوَ خَالِدٌ فِي النَّارِ وَسُقُوا مَاءً حَمِيمًا فَقَطَّعَ أَمْعَاءَهُمْ (15) 

(Apakah) perumpamaan (penghuni) surga yang dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa yang di dalamnya ada sungai-sungai dari air yang tiada berubah rasa dan baunya, sungai-sungai dari air susu yang tiada berubah rasanya, sungai-sungai dari khamr yang lezat rasanya bagi peminumnya dan sungai-sungai dari madu yang disaring; dan mereka memperoleh di dalamnya segala macam buah-buahan dan ampunan dari Tuhannya, sama dengan orang yang kekal di dalam neraka, dan diberi minuman dengan air yang mendidih sehingga memotong-motong ususnya?

Dikutip dari Tafsir Ibnu Katsir, ayat ini menggambarkan beberapa sifat dan jenis dari sungai di surga. 

Halaman selanjutnya...

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement