Senin 20 May 2024 05:00 WIB

Rahasia Memanfaatkan Waktu dalam Surah Al Ashr

Waktu harus dimanfaatkan dengan maksimal

Rep: mgrol 151/ Red: Erdy Nasrul
Memanfaatkan waktu dengan memperbanyak doa.
Foto: REPUBLIKA
Memanfaatkan waktu dengan memperbanyak doa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di tengah hiruk pikuk kehidupan modern, di mana waktu seringkali terasa terlewatkan begitu saja, sebuah pesan dari Alquran mengingatkan umat Muslim tentang pentingnya memanfaatkan waktu dengan bijak. 

Surat Al-Ashr, surat pendek dalam Alquran memberikan pelajaran yang bernilai tentang betapa berharganya waktu dan bagaimana manusia seharusnya menghargainya.

Baca Juga

Dalam ayat pertama, yang berbunyi:

وَٱلْعَصْرِ

 

Demi masa (QS. Al-Ashr: 1). 

Allah subhanahu wa ta’ala bersumpah demi masa atau waktu yang berjalan. Hal ini menunjukkan pentingnya waktu dalam penilaian Allah terhadap manusia. 

Ayat berikutnya menyatakan:

إِنَّ ٱلْإِنسَٰنَ لَفِى خُسْرٍ

Sesungguhnya manusia berada dalam kerugian. (QS. Al-Ashr: 2). 

Ayat tersebut mengingatkan manusia bahwa manusia seringkali terlena oleh kesibukan dunia dan melupakan tujuan sejati hidup mereka, yaitu untuk menyenangkan Allah dan mendapatkan keberkahan-Nya.

Kemudian ayat berikutnya menegaskan: 

إِلَّا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ وَعَمِلُوا۟ ٱلصَّٰلِحَٰتِ وَتَوَاصَوْا۟ بِٱلْحَقِّ وَتَوَاصَوْا۟ بِٱلصَّبْرِ

Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shaleh, dan saling menasehati untuk kebenaran, dan saling menasehati untuk kesabaran. (QS. Al-Ashr: 3). 

Dalam ayat ketiga ini, Allah memberikan harapan bahwa meskipun manusia secara umum berada dalam keadaan merugikan, ada jalan keluar bagi mereka yang beriman dan bertindak dengan baik.

Pesan dari surat Al-Ashr sangat relevan dalam konteks masyarakat modern yang seringkali terlena oleh kesibukan dunia dan melupakan tujuan sejati hidup mereka. 

Setiap orang biasanya menghabiskan waktu dengan hal-hal yang tidak bermanfaat, sehingga menyia-nyiakan kesempatan yang diberikan oleh Allah untuk berbuat kebaikan.

Oleh karena itu, penting bagi setiap umat Muslim untuk pintar dalam memanfaatkan waktu. Misalnya, menghabiskan waktu untuk beribadah, seperti berpuasa sunnah, mempelajari ilmu agama, bersedekah, dan lain-lain. 

Ketika seseorang memanfaatkan waktu dengan hal-hal yang positif, maka kehidupannya akan mendapatkan keberkahan dari Allah. 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement