Senin 29 Apr 2024 09:40 WIB

Buah yang Disebut Hanya Satu Kali dalam Alquran, Kelak Disantap Ahli Surga

Alquran menyebutkan pisang dan kaya khasiat kesehatan

Rep: Umar Mukhtar / Red: Nashih Nashrullah
(Foto: ilustrasi pisang). Alquran menyebutkan pisang dan kaya khasiat kesehatan
Foto: Wallpaper Flare
(Foto: ilustrasi pisang). Alquran menyebutkan pisang dan kaya khasiat kesehatan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Surat Al Waqiah dalam Alquran mengulas berbagai hal. Surat tersebut membahas peristiwa-peristiwa di hari kiamat kelak, dan ganjaran bagi mereka yang menolak adanya hari kiamat.

Di luar itu, Surat Al Waqiah juga memberikan gambaran tentang kehidupan di surga nanti, bagi orang-orang yang beriman. Allah SWT berfirman:

Baca Juga

فِيْ سِدْرٍ مَّخْضُوْدٍۙ وَّطَلْحٍ مَّنْضُوْدٍۙ

"(Mereka) berada di antara pohon bidara yang tidak berduri, dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya)." (QS Al Waqiah ayat 28-29)

Alquran menyebutkan berbagai buah yang ada di surga. Antara lain kurma, delima, dan anggur. Kurma disebut 20 kali dalam Alquran, delima disebut tiga kali, dan anggur disebut sebanyak 11 kali dalam Alquran.

Namun, ada buah yang disebutkan hanya satu kali dalam Alquran. Ya, buah tersebut ialah pisang. Pisang disebutkan dalam Surat Al Waqiah ayat 29. Penyebutan At-Talh (pisang) dalam ayat tersebut menggambarkan kebahagiaan dan kenikmatan di surga kelak.

Dari sisi ilmiah, pisang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Bahkan untuk menunjang kehidupan harmonis suami istri. Pisang bisa mengobati sebagian besar penyakit yang terkait dengan sistem pencernaan. Misalnya penyakit sembelit yang menurunkan asam lambung.

Bahkan, pisang juga dapat membantu mengatasi depresi yang sedang diderita oleh seseorang. Makan satu pisang setiap hari berarti mengurangi risiko asma pada orang yang mengidapnya.

Artinya, pisang punya khasiat yang besar dan bagus dikonsumsi oleh seseorang yang punya penyakit asma.

Khasiat pisang disebutkan pula dalam kitab tafsir karya Ibnu Al Qayyim Al Jauziyah, saat menafsirkan ayat 29 Surat Al Waqiah tersebut. Dalam kitab itu disebutkan, sebagian besar ahli tafsir menyampaikan bahwa At-Talh dalam ayat tersebut adalah pisang (Al Mawz)

Ibnu Al Qayyim Al Jauziyah menyebutkan, pisang terbaik adalah yang matang dan manis. Ini berkhasiat untuk memberikan kesehatan paru-paru. 

Juga membantu mengatasi masalah kesehatan seperti batuk. Selain itu, pisang juga bermanfaat untuk mengatasi masalah kesehatan pada ginjal, kandung kemih, dan buang air kecil.

Tidak hanya itu, dalam kitab karya Ibnu Al Qayyim Al Jauziyah tersebut juga disampaikan bahwa pisang berkhasiat memperbanyak air mani dan merangsang nafsu seksual.

Kitab tafsir Al-Tahrir wa al-Tanwir karya Syekh Tahir bin 'Asyur menerangkan soal tujuan diturunkannya Surah Al Waqiah. Pertama, Al Waqiah adalah surat yang diturunkan untuk mengingatkan tentang adanya Hari Kiamat dan sadar bahwa itu pasti terjadi.

Kedua, Al Waqiah diturunkan untuk menggambarkan tentang apa yang akan terjadi pada Hari Kiamat di dunia ini. 

Ketiga, Surat Al Waqiah selain menggambarkan apa yang terjadi di dunia pada Hari Kiamat, juga untuk memberi gambaran tentang penduduk surga dan sejumlah kenikmatan yang mereka rasakan.

Keempat, Surat Al Waqiah diturunkan untuk menunjukkan tentang penghuni neraka dan ganjaran siksa di dalamnya kepada orang-orang yang menyangkal adanya Hari Kiamat. 

Sekaligus untuk membuktikan adanya Hari Kebangkitan dan Hari Pembalasan, serta tempat akhirat setelah dunia tiada.

Kelima, untuk membuktikan kekuasaan Allah subhaanahu wa ta'ala. Keenam, Surah Al Waqiah untuk memberitahukan bahwa Allah SWT mengeluarkan ruh dari tubuh manusia dan tidak ada yang bisa mencegahnya.

Sumber: alukah, tafsir

photo
Enam golongan orang yang masuk surga (ilustrasi) - (republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement