Jumat 27 Oct 2023 05:00 WIB

Manfaat Empat Buah yang Disebut dalam Alquran

Islam telah memberi informasi tentang manfaat buah-buahan.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Muhammad Hafil
Foto: Ilustrasi Alquran
Foto: Republika.co.id
Foto: Ilustrasi Alquran

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Islam telah memberitahukan tentang buah-buahan yang memiliki khasiat besar untuk kesehatan dan mencegah berbagai penyakit. Buah-buah yang penuh khasiat ini bahkan disebutkan dalam Alquran.

Apa saja buah yang disampaikan dalam Alquran? Dan apa saja khasiat buah tersebut? Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Baca Juga

1. Kurma dan Delima

Kurma disebutkan sebanyak 20 kali dalam Alquran. Sedangkan buah delima dalam Alquran, Allah SWT menyebutnya sampai tiga kali. Kurma dan delima termasuk sebagai buah surga yang mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan tubuh.

 

Allah SWT berfirman, "Di dalam kedua surga itu ada buah-buahan, kurma dan delima." (QS. Ar Rahman ayat 68)

Buah kurma mengandung persentase gula yang tinggi (sekitar 76 persen), dan memberi tubuh energi dan kalori yang tinggi, selain fosfor, kalsium, zat besi, dan vitamin yang melindungi tubuh dari pellagra. Ini menjadikan kurma sebagai makanan yang lengkap.

Pellagra adalah keadaan tubuh ketika mengalami kekurangan B3. Ciri orang yang mengalaminya, adalah menderita dermatitis, diare, dan demensia. Adapun B3 merupakan vitamin untuk menjaga kesehatan sel saraf, kulit, dan saluran pencernaan. Inilah mengapa kurma menjadi asupan yang lengkap.

Sedangkan buah delima, daging buah dan sarinya mengandung asam sitrat. Ini berkhasiat mengatasi asam urat dan mencegah terbentuknya batu ginjal. Rasa manisnya baik untuk lambung, bermanfaat untuk tenggorokan, dada dan paru-paru.

Air yang dihasilkan dari buah delima juga bersifat pencahar. Asamnya berguna untuk mengatasi infeksi lambung, bersifat diuretik dan mengatasi diare serta dapat mencegah muntah.

Buah delima mengandung gula yang mudah terserap tubuh sehingga cepat menghasilkan energi pada tubuh. Delima bisa memberikan perlindungan pada tubuh dari penyakit kanker dan jantung. Bahkan kulit buah delima ini bisa digunakan untuk menghilangkan penyakit cacing pita.

2. Anggur

Allah SWT menyebutkan buah anggur Alquran sebanyak 11 kali sebagai bagian dari penjelasan tentang penghitungan nikmat yang dilimpahkan kepada hamba-hamba-Nya di dunia dan di akhirat.

Buah anggur di antaranya disebutkan dalam Surat Yasin ayat 34, dan An Naba ayat 31-32. Allah SWT berfirman, "Dan Kami jadikan padanya kebun-kebun kurma dan anggur dan Kami pancarkan padanya beberapa mata air. Supaya mereka dapat makan dari buahnya, dan dari apa yang diusahakan oleh tangan mereka. Maka mengapakah mereka tidak bersyukur?" (QS Yasin ayat 34-35)

Dalam Surat lain, anggur juga disebutkan sebagai sebuah hadiah kemenangan bagi mereka yang bertakwa. Allah SWT berfirman, "Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa mendapat kemenangan,(yaitu) kebun-kebun dan buah anggur." (QS An Naba ayat 31-32)

Khasiat buah anggur antara lain untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Berkontribusi untuk meningkatkan kesehatan arteri dan jantung. Anggur juga membantu memperlancar proses pencernaan. Anggur dianggap sebagai faktor yang membantu fungsi usus, otot, dan saraf, serta mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh.

Anggur adalah buah dengan segudang khasiat untuk kesehatan tubuh. Bahkan anggur merupakan salah satu buah surga yang tumbuh subur dan terhampar luas di surga kelak. Buah-buahnya menjuntai sehingga mudah dipetik oleh para penghuni surga.

Anggur disebutkan secara khusus karena buah ini populer di kalangan penghuni surga. Buah-buahnya tumbuh menjuntai sehingga hanyalah kemudahan bagi penghuni surga untuk mencapainya. Hamparan pohon-pohon anggur terbentang luas seperti yang telah dipandang di kehidupan dunia.

Anggur sungguh adalah buah yang baik dan memberi kesehatan yang maksimal pada tubuh. Ada segudang manfaat dan khasiat yang dimilikinya. Salah satunya, anggur mampu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.

Mengonsumsi anggur berarti meningkatkan kesehatan pembuluh darah atau arteri dan jantung serta membantu memperlancar proses pencernaan. Dengan demikian, anggur berkhasiat untuk membantu menyehatkan fungsi usus, otot dan saraf.

Anggur mengendalikan keseimbangan cairan dalam tubuh. Membantu mencegah penyakit menular dan berbagai infeksi terutama radang sendi. Asam yang terkandung dalam anggur meningkatkan kesehatan mulut dan gigi.

Anggur juga berkhasiat mengatasi sembelit karena kandungannya melembutkan perut. Sekaligus mengaturnya agar tidak mencapai jumlah berlebihan, yang dapat merugikan manusia.

3. Pisang

Pisang disebut satu kali dalam Alquran. Allah SWT berfirman, "Dan golongan kanan, siapakah golongan kanan itu. (Mereka) berada di antara pohon bidara yang tidak berduri, dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya)." (QS. Al Waqiah ayat 27-29).

Di Indonesia, menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), Indonesia memproduksi 9,24 juta ton pisang pada 2022. Angka tersebut naik 5,72% dari tahun sebelumnya yang mencapai 8,74 ton.

Jawa Timur Merupakan produsen pisang terbesar nasional pada tahun lalu, yaitu mencapai 2,62 juta ton. Jumlah ini mencapai 28,35% dari total produksi pisang di Indonesia pada 2022.

Manfaat pisang bagi kesehatan, yaitu untuk mengatasi sebagian besar penyakit sistem pencernaan. Seperti sembelit yang menurunkan keasaman lambung, dan merupakan pengobatan depresi.

Makan satu pisang setiap hari berkontribusi mengurangi risiko asma yang dapat mempengaruhi orang yang mengidapnya.

Penyebutan At-Talh (pisang) dalam ayat Alquran tersebut menggambarkan kebahagiaan dan kenikmatan di surga kelak. Dalam kajian ilmiah, pisang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh.

Pisang dapat mengobati sebagian besar penyakit yang terkait dengan sistem pencernaan. Misalnya penyakit sembelit yang menurunkan asam lambung.

Pisang dapat membantu mengatasi depresi yang sedang diderita oleh seseorang. Khasiat pisang juga disebutkan dalam kitab tafsir karya Ibnu Al Qayyim Al Jauziyah, saat menafsirkan ayat 29 Surat Al Waqiah tersebut.

Dalam kitab itu disebutkan, sebagian besar ahli tafsir menyampaikan bahwa At-Talh dalam ayat tersebut adalah pisang (Al Mawz).

Ibnu Al Qayyim Al Jauziyah juga menjelaskan, pisang terbaik adalah yang matang dan manis. Ini berkhasiat untuk memberikan kesehatan paru-paru. Juga membantu mengatasi masalah kesehatan seperti batuk. Selain itu, pisang juga bermanfaat untuk mengatasi masalah kesehatan pada ginjal, kandung kemih, dan buang air kecil.

Tidak hanya itu, dalam kitab karya Ibnu Al Qayyim Al Jauziyah tersebut juga disampaikan bahwa pisang berkhasiat memperbanyak air mani dan merangsang nafsu seksual.

sumber : Alukah.net
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement