Jumat 26 Apr 2024 00:05 WIB

Naskah Khutbah Jumat: 'Jimat' Jenderal Soedirman

Jenderal Soedirman merupakan pribadi yang selalu mendirikan sholat tepat waktu.

Jenderal Soedirman
Foto:

Jamaah Jum’ah Rahimakumullah

Sebagaimana disebutkan di atas, bahwa Jenderal Soedirman merupakan pribadi yang selalu mendirikan ibadah shalat tepat waktu. Shalat merupakan kewajiban fundamental dalam ajaran Islam, harus dikerjakan dalam keadaan apapun jua. Dalam keadaan apapun di sini, tentu dengan adanya rukhsah atau keringanan (alternatif) dalam melaksanakannya.

Ibadah shalat bagaikan tangga untuk naik pada derajat yang lebih tinggi bagi seorang mukmin. Bahkan shalat yang baik juga menuntun seseorang, sehingga terhindar dari perbuatan keji dan munkar sebagaimana tercantum dalam QS. Al-Ankabut: 45.

إِنَّ ٱلصَّلَوٰةَ تَنْهَىٰ عَنِ ٱلْفَحْشَآءِ وَٱلْمُنكَرِ ۗ وَلَذِكْرُ ٱللَّهِ أَكْبَرُ ۗ وَٱللَّهُ يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُونَ …

… Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.

Bahwa shalat juga sebagai penguat iman (QS. Al-A’la: 14-15), ciri orang yang bertakwa (QS. Al-Baqarah: 2-3), sarana meraih ketenangan (QS. Ar-Ra’d: 28) dan pertolongan Tuhan (QS. Al-Baqarah: 153), mempercepat terkabulnya doa dan permohonan (QS. Ali Imran: 38-39. Shalat juga menjadi amal pertama kali yang akan dihisab kelak (HR. Tirmidzi).

Jamaah Jum’ah Rahimakumullah

Terdapat satu kalimat yang menjadi suluh pengobar semangat bagi kaum muslimin kala itu, tepatnya dalam membendung dan melawan serangan penjajah tanah air, yakni hubbul wathan minal iman. Bahwa mencintai tanah air merupakan bagian dari keimanan. Bukti seseorang mencintai tanah air tidak semata-mata menjaga keutuhan wilayah, namun juga segala yang hidup di atasnya.

Selanjutnya...

sumber : https://suaramuhammadiyah.id/read/khutbah-jum-at-jimat-jenderal-soedirman
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement