Rabu 24 Apr 2024 14:31 WIB

Tafsir Al An'am Ayat 108: Islam Tegas Larang Menghina Agama Lain, Ini Hikmahnya

Ketika mereka menolak dan mencela, maka umat Muslim menghadapinya dengan kesabaran.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi
Foto:

Mereka adalah pembimbing yang penuh kelembutan, tidak sewenang-wenang, dan bukan penguasa yang memaksakan kehendaknya. Karena itu, para rasul tidak membatasi kebebasan orang-orang dalam memilih dan memegang keyakinan mereka.

Sang Pencipta, Allah SWT, memberikan kebebasan ini kepada mereka dan tidak memaksa mereka untuk beriman berdasarkan paksaan maupun kekerasan. Allah SWT menambahkan peringatan tersebut dengan larangan mencela tuhan-tuhan yang disembah oleh orang lain selain Allah.

Ketika seorang Muslim melakukannya, yakni mencela atau menghina pemeluk agama lain, maka mereka pun akan mencela balik Allah tanpa dasar apapun. Melalui ayat tersebutlah, Allah mengingatkan untuk tidak menghina sesembahan yang disembah oleh orang lain.

Allah SWT berfirman, "Dan janganlah kamu memaki sesembahan yang mereka sembah selain Allah, karena mereka nanti akan memaki Allah dengan melampaui batas tanpa dasar pengetahuan." (QS. Al An'am ayat 108)

Ayat tersebut merupakan perintah kepada orang-orang mukmin, agar tidak mencela tuhan-tuhan yang disembah oleh orang-orang kafir selain Allah. Ini karena mereka menyembahnya dengan harapan mendapatkan manfaat atau menangkal marabahaya melalui perantara di sisi Allah.

Selanjutnya...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement