Senin 15 Apr 2024 21:31 WIB

Dua Surat Alquran yang Kerap Dibaca Rasulullah SAW Sebelum Tidur Malam Hari

Rasulullah SAW mengajarkan membaca As Sajdah dan Al Mulk.

Rep: Umar Mukhtar / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi tidur. Rasulullah SAW mengajarkan membaca as-Sajdah dan al-Mulk
Foto: www.freepik.com
Ilustrasi tidur. Rasulullah SAW mengajarkan membaca as-Sajdah dan al-Mulk

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Dalam sebuah riwayat hadits disebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW membaca dua surat sebelum tidur.

Hadits riwayat Jabir bin Abdullah RA menunjukkan, Rasulullah SAW tidak tidur kecuali sebelumnya membaca dua surat surat As Sajdah dan Al Mulk. Berikut haditsnya:

Baca Juga

عن جابر أن النبي صلى الله عليه وسلم كان لا ينام حتى يقرأ الم تنزيل، وتبارك الذي بيده الملك

Dari Jabir bin Abdullah RA, dia berkata, "Tidaklah Nabi SAW tidur hingga beliau membaca alif laam mim tanzil (Surat As-Sajdah) dan tabaarakalladzi biyadihil mulk (surat Al Mulk)." (HR At Tirmidzi)

Surat As-Sajdah merupakan surat ke-32 dalam Alquran. Surat ini terdiri dari 30 ayat dan memiliki keutamaan tersendiri jika dibaca. Jika rutin membaca surat ini setiap malam, akan terpancar cahayanya di jasad. 

Dalam kitab Irsyadul ‘Ibaad ila Sabilir Rasyad, dijelaskan Aljuwini dalam tafsirnya meriwayatkan dari Aban bin Abi Ayyasy berkata:

"Ketika kami hadir wafatnya Muwwariq Al’ajali, dan ketika telah ditutup kain, kami berkata, ‘Dia telah wafat, tiba-tiba kami melihat nur (cahaya) yang memancar dari kakinya seperti itu, kemudian kami melihat cahaya nur yang lebih terang memancar dari perutnya. Kemudian ia membuka tutup kainnya itu dan bertanya kepada kami, “Apakah kalian melihat sesuatu?” Jawab kami, “Ya.”

Lalu, kami ceritakan padanya semua yang kami lihat itu. Lalu, ia berkata, "Itu surat As-Sajdah yang saya baca tiap malam, sedangkan yang di atas kepala itu 14 ayat dari permulaannya, dan yang di kaki itu 14 ayat dari akhirnya, sedangkan yang di tengah itu ayat As Sajdah sendiri ia naik untuk memberikan syafaatnya bagiku, sedangkan surat Tabarak masih tetap menjagaku. Kemudian, ia mati kembali."

Adapun surat Al Mulk juga berjumlah 30 ayat, sama dengan surat As Sajdah. Salah satu riwayat yang menjelaskan betapa besar keutamaan surat Al Mulk, adalah yang diriwayatkan dari Abdullah bin Mas'ud RA. Dia berkata:

من قرأ تبارك الذي بيده الملك كل ليلة منعه الله عز وجل بها من عذاب القبر، وكنا في عهد رسول الله صلى الله عليه وسلم نسميها المانعة، وإنها في كتاب الله عز وجل، سورة من قرأ بها في كل ليلة فقد أكثر وأطاب . رواها النسائي

"Siapa yang membaca Tabarokalladzi bi yadihil mulk (Surat Al-Mulk) setiap malam, maka Allah SWT akan menyelamatkannya dari siksa kubur. Kami (para sahabat Nabi SAW) di masa Rasulullah SAW menamakan surat tersebut 'Al Maani'ah' (penyelamat dari siksa kubur). Ini adalah surat dalam Alquran yang siapapun yang membacanya pada setiap malam, maka ia telah berbuat kebaikan dan memperbanyaknya." (HR An Nasa'i).

photo
Infografis Alasan Tertutupnya Hati Membaca Alquran - (Infografis Republika)

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement