Senin 15 Apr 2024 15:30 WIB

Doa Mempermudah Penyelesaian Masalah Hidup

Doa merupakan senjata orang beriman.

Rep: mgrol151/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi berdoa.
Foto: AP/K.M. Chaudary
Ilustrasi berdoa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setiap manusia memiliki masalah hidup yang unik dan kompleks. Masalah tersebut bisa berasal dari berbagai aspek kehidupan, seperti hubungan interpersonal, pekerjaan, kesehatan, atau bahkan masalah internal, seperti kecemasan dan ketidakpastian tentang masa depan. 

Allah adalah kunci dari banyak masalah hidup manusia. Kepercayaan dan hubungan spiritual dengan Allah dapat memberikan arah, ketenangan, dan harapan dalam menghadapi tantangan hidup.

Baca Juga

Ketika seseorang merasa terjebak dalam masalah, percaya kepada Allah bisa menjadi sumber kekuatan dan hikmah untuk menemukan solusi atau menerima cobaan dengan lapang dada.

Adapun doa yang bisa diamalkan ketika seseorang ketika menghadapi masalah hidup:

Pertama:

حَسْبُنَا اللَّهُ وَنِعْمَ الْوَكِيلُ 

Hasbunallah wa ni'mal wakiil.

Cukuplah bagi kita Allah, dan Dialah sebaik-baik Pembuang segala urusan.

Kedua:

لَّا إِلَهَ إِلَّا أَنتَ سُبْحَنَكَ إِنِّي كُنتُ مِنَ الظَّلِمِينَ

La ilaha illa anta subhanaka inni kuntu minaz- zalimin.

Tidak ada Tuhan selain Engkau; mulialah Engkau. Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang zalim.

Selain itu, keyakinan akan adanya rencana Allah yang maha bijaksana dan kasih-Nya yang tak terbatas dapat memberikan ketenangan dalam menghadapi ketidakpastian dan kesulitan hidup. Dengan berserah diri kepada-Nya, manusia dapat merasakan kedekatan spiritual yang memberikan kekuatan untuk bertahan di tengah badai hidup.

Dengan demikian, ketika seseorang mendapatkan masalah hidup, hanya Allah yang bisa menolongnya untuk keluar dari kondisi tersebut. Caranya dengan memperbanyak berdoa dan berserah diri kepada Allah subhanahu wa ta’ala. Sebab, jika seseorang melibatkan Allah dalam setiap urusan dunianya, kehidupannya akan berjalan dengan mudah. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement