Senin 15 Apr 2024 15:15 WIB

Dzikir dan Doa Sehari-hari Setelah Ramadhan

Setelah Ramadhan, setiap Muslim harus terus berdoa dan berdzikir.

Rep: mgrol151/ Red: Erdy Nasrul
Berdoa (Ilustrasi)
Foto: Republika
Berdoa (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Umat Muslim memiliki kewajiban untuk menjalankan perintah Allah subhanahu wa ta’ala. Di antaranya menunaikan sholat, menjalankan ibadah puasa, zakat, dan ibadah-ibadah sunnah yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW. 

Saat ini, umat Muslim telah menjalankan ibadah puasa Ramadhan selama sebulan penuh. Namun, mereka cenderung meninggalkan ibadah yang mereka laksanakan pada bulan Ramadhan. 

Baca Juga

Padahal, ibadah tersebut tetap harus dilaksanakan meskipun Ramadhan selesai. 

Berikut ini beberapa amalan yang bisa dilaksanakan terus-menerus tanpa harus terikat dengan bulan Ramadhan. 

Pertama, terus berlatih menunaikan puasa sunnah

Puasa sunnah yang bisa dilakukan sepanjang tahun di antaranya puasa Senin dan Kamis yang merupakan bagian dari sunnah Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam.

Salah satu keutamaan puasa Senin-Kamis yaitu bisa mendapatkan pahala yang besar dari Allah SWT.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, Rasulullah SAW bersabda: “Amalan dipresentasikan pada hari Senin dan Kamis, dan aku senang amalanku dipresentasikan saat aku berpuasa.” (HR. Tirmidzi). 

Dengan demikian, puasa Senin-Kamis bukan hanya sekedar ibadah rutin, tetapi juga merupakan sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, meningkatkan kesehatan, dan memberikan inspirasi kepada orang lain dalam menjalani kehidupan yang bermakna secara spiritual dan sosial. 

Kedua, menetapkan waktu untuk membaca Alquran

Membaca Alquran tidak hanya diprioritaskan ketika bulan suci Ramadhan saja, melainkan sudah menjadi kewajiban umat Muslim untuk terus membaca Alquran untuk menambah pahala bagi kehidupannya. 

Penting juga agar kebiasaan baik ini tercermin sepanjang hidupnya, karena umat Islam harus menjalani hidup mereka berdasarkan kitab suci. Seperti halnya kebiasaan Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam yang senantiasa membaca Alquran setiap harinya. 

Ketiga, menjalankan sholat sunnah

 

Lihat halaman berikutnya >>>

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement