Sabtu 13 Apr 2024 08:45 WIB

Yang Dilakukan Nabi Muhammad Ketika Bersujud

Nabi Muhammad mengimbau pengikutnya untuk melakukan ini ketika sujud.

Rep: mgrol151/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi bersujud.
Foto: dok BSI
Ilustrasi bersujud.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Doa di dalam sujud adalah momen yang sangat istimewa dalam ibadah sholat bagi umat Muslim. Saat seseorang bersujud, mereka menemukan kesempatan untuk berkomunikasi langsung dengan Allah SWT dalam keadaan paling rendah dan penuh kerendahan hati.

Sebagaimana dalam hadis disebutkan:

Baca Juga

وَعَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا : أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – ، قَالَ :(( فَأمَّا الرُّكُوعُ فَعَظِّمُوا فِيهِ الرَّبَّ – عَزَّ وَجَلَّ – ، وَأمَّا السُّجُودُ فَاجْتَهِدُوا فِي الدُّعَاءِ ، فَقَمِنٌ أَنْ يُسْتَجَابَ لَكُمْ )) . رَوَاهُ مُسْلِمٌ .

Dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Adapun ketika ruku, maka agungkanlah Allah. Sedangkan ketika sujud, maka bersungguh-sungguhlah dalam berdoa, maka doa tersebut pasti dikabulkan untuk kalian.” (HR. Muslim).

Dalam hadis lain juga dijelaskan:

وَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ – رَضِيَ اللهُ عَنْهُ – : أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – قَالَ : (( أَقْرَبُ مَا يَكُوْنُ العَبْدُ مِنْ رَبِّهِ وَهُوَ سَاجِدٌ ، فَأكْثِرُوا الدُّعَاءَ )) رَوَاهُ مُسْلِمٌ .

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Keadaan yang paling dekat antara seorang hamba dengan Rabbnya adalah ketika ia sedang sujud, maka perbanyaklah berdoa pada saat itu.” (HR. Muslim).

Saat seseorang bersujud, mereka merenungkan betapa besar nikmat dan rahmat yang diberikan Allah kepada mereka, sekaligus menyadari dosa dan kesalahan yang perlu diperbaiki.

Berikut doa yang bisa dipanjatkan ketika bersujud

 

Lihat halaman berikutnya >>>

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement