Selasa 09 Apr 2024 08:27 WIB

Dua Gerhana Terjadi Ramadhan Ini, Benarkah Jadi Tanda Kiamat?

Adapun salah satu tanda kiamat kubro adalah munculnya asap atau kabut.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Penampakan gerhana bulan sebagian.
Foto:

Beliau SAW menyebut kabut, Dajjal, binatang, terbitnya matahari dari barat, turunnya Isa bin Maryam 'alaihimassalam, ya'juj dan ma'juj, tiga longsor yaitu longsor di timur, longsor di barat dan longsor di jazirah Arab. Dan yang terakhir adalah api muncul dari Yaman yang menggiring manusia menuju tempat perkumpulan mereka." (HR. Muslim)

Hadits lain menyebutkan salah satu tanda kiamat ialah ketika banyak orang yang berperilaku seperti keledai. Dalam hadits yang diriwayatkan dari An-Nawwas bin Sam'an. Nabi Muhammad SAW bersabda:

"ويبقى شرار الناس يتهارجون فيها تهارُج الحُمر، فعليهم تقوم الساعة"؛ [رواه مسلم]

"Yang tersisa hanyalah manusia-manusia jahat yang membuat huru-hara di bumi seperti perilaku keledai. Pada merekalah hari kiamat terjadi." (HR. Muslim)

BACA JUGA: Saat Aksi Doa untuk Gaza, Din Ajak Negara Islam Kirim Pasukan ke Israel

Selain itu tanda kiamat juga terdapat pada hadits berikut ini:

عن أبي هريرة رضي الله عنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: (إن بين يدي الساعة الهرج.. ليس بقتل المشركين ولكن بقتل بعضكم بعضًا حتى يقتل الرجل جاره وابن عمه وذا قرابته)، فقال بعض القوم: يا رسول الله، ومعنا عقولنا ذلك اليوم؟ فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم: لا.. تُنزع عقول أكثر ذلك الزمان ويخلف هباءٌ من الناس لا عقول لهم)

Diriwayatkan dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda, "Di antara tanda dekatnya hari kiamat adalah terjadinya kekacauan. Bukan dengan membunuh orang-orang musyrik, tapi karena saling membunuh di antara kalian. Bahkan seorang lelaki akan membunuh tetangganya, sepupunya, dan kerabatnya."

Lalu sebagian orang bertanya, "Ya Rasulullah, apakah pada saat itu kita masih memiliki akal?" Kemudian Rasulullah SAW menjawab, "Tidak. Pada saat itu, akal akan diangkat dari sebagian besar manusia dan mereka akan menjadi seperti bangsa yang tidak memiliki akal." (HR. Bukhari dan Muslim)

Adapun salah satu tanda kiamat kubro...

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement