Jumat 22 Mar 2024 22:06 WIB

Alquran Surat Al Insyirah Sebutkan Kemudahan Sebanyak Dua Kali, Ini Rahasianya

Allah SWT menjanjikan kemudahan untuk hamba-Nya.

Rep: Fuji E Permana / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi berdoa minta kemudahan. Allah SWT menjanjikan kemudahan untuk hamba-Nya
Foto:

Namun kamu tetap tabah dan optimistis, sehingga berlakulah bagimu sunah (ketetapan Allah). Yaitu, jika krisis atau kesulitan telah mencapai puncaknya maka pasti ia akan sirna dan disusul dengan kemudahan. Ayat 5 dan 6 di atas sejalan maknanya dengan isyarat yang dikandung firman-Nya. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

ذٰلِكَ بِاَنَّ اللّٰهَ يُوْلِجُ الَّيْلَ فِى النَّهَارِ وَيُوْلِجُ النَّهَارَ فِى الَّيْلِ وَاَنَّ اللّٰهَ سَمِيْعٌۢ بَصِيْرٌ 

"Hal itu (pertolongan Allah terjadi) karena sesungguhnya Allah memasukkan malam ke dalam siang dan memasukkan siang ke dalam malam. Sesungguhnya Allah Mahamendengar lagi Mahamelihat." (QS Al Hajj ayat 61).

Demikian itu sunnah atau ketetapan Allah yang berlaku, bahkan dalam hukum-hukum syariat-Nya dikenal hal yang sama. Para ahli hukum Islam, setelah memperhatikan sekian banyak ayat Alquran dan hadits-hadits, memberi kesimpulan dalam bentuk kaidah yang berbunyi al-masyaqqah tajlibu at-taisir  (Kesulitan mendatangkan kemudahan) demikian pula kaidah idza dhaqa asy-syai’u ittasa' (Apabila sesuatu telah menyempit, maka ia menjadi luas).

Ayat-ayat ini seakan-akan berpesan agar setiap orang mencari peluang pada setiap tantangan dan kesulitan yang dihadapi.

Imam Malik meriwayatkan bahwa Abu Ubaidah Ibn Al Jarrah sahabat Nabi Muhammad SAW yang memimpin pasukan Islam menghadapi Romawi pada masa pemerintahan Umar Ibn Khattab menyurati khalifah Umar ibn Khattab sambil menggambarkan kekhawatirannya menghadapi kesulitan melawan Romawi, maka jawaban yang diterimanya dari beliau adalah, “Jika seorang mukmin ditimpa suatu kesulitan, niscaya Allah akan menjadikan sesudah kesulitan itu kelapangan karena sesungguhnya satu kesulitan tidak akan mampu mengalahkan dua kelapangan.”

Ditemukan juga riwayat serupa yang disandarkan kepada sahabat-sahabat Nabi Muhammad SAW lainnya, seperti Ibn ‘Abbas, Ibn Mas'ud dan lain-lain.

Kemudahan berganda (dobel) yang dijanjikan ini dapat diperoleh seseorang dalam kehidupan di dunia ini dan dapat pula dalam arti satu kemudahan di dunia dan satu lainnya di akhirat.

 

photo
Infografis Berapa Tahun Diturunkannya Alquran - (Republika)

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement