Kamis 07 Mar 2024 16:59 WIB

Fakta-Fakta Keutamaan Masjidil Aqsa

Masjid Al Aqsa juga menjadi kiblat bagi umat Islam awal sebelum dialihkan ke Ka'bah.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Ani Nursalikah
Jamaah Muslim Palestina yang dilarang memasuki kompleks Masjid Al-Aqsa, shalat di luar Kota Tua Yerusalem saat pasukan Israel berjaga, Jumat, (23/2/2024).
Foto:

Tafsir tahlili dalam Quran Kemenag dijelaskan bahwa Masjidil Aqsa diberkahi Allah karena menjadi tempat turunnya wahyu kepada para nabi. Tanah di sekitar Masjidil Aqsa subur sehingga menjadi daerah yang makmur. Keutamaan dari Masjidil Aqsa juga karena menjadi tempat peribadatan para nabi dan tempat tinggal mereka.

Fakta tentang keutamaan Masjidil Aqsa lainnya yang terkandung di dalam Alquran adalah pada Surah Al-Anbiya ayat 71.

وَنَجَّيْنٰهُ وَلُوْطًا اِلَى الْاَرْضِ الَّتِيْ بٰرَكْناَ فِيْهَا لِلْعٰلَمِيْنَ

Wa najjaināhu wa lūṭan ilal-arḍil-latī bāraknā fīhā lil-‘ālamīn(a).

Artinya: "Kami menyelamatkannya (Ibrahim) dan Lut ke tanah (Syam) yang telah Kami berkahi untuk seluruh alam."

Tafsir tahili menjelaskan bahwa tanah Syam termasuk wilayah Palestina. Di tanah ini Allah memberikan keberkahan untuk seluruh umat manusia sehingga tanahnya subur. Ayat ini menerangkat ketika Allah menyelamatkan Nabi Ibrahim dari kejaran penduduk Kota Ur, di Mesopotamia Selatan, yaitu negeri asalnya, lalu hijrah ke negeri Harran kemudian ke Palestina di daerah Syam.

Imam Qatadah mengatakan Syam tak akan pernah berkurang karena akan selalu ditambah. Syam atau Palestina disebut sebagai ranah pertemuan dan kebangkitan. Di negeri ini Nabi Isa akan diturunkan dan di tempat inipula Dajjal akan dibinasakan oleh Nabi Isa.

Menurut tafsir Imam Qurthubi, di tempat ini berkah karena kesuburannya. Banyak buah-buahan dan sungai. Dengan fakta yang diungkapkan tersebut maka Masjidil Aqsa dan sekitarnya benar-benar mendapatkan perlindungan dari Allah SWT.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement